Waspada! Ini Bahaya Suka Main Kuis di Facebook

Waspada! Ini Bahaya Suka Main Kuis di Facebook

Waspada! Ini Bahaya Suka Main Kuis di Facebook

Masih suka coba-coba kuis atau ramalan di sebuah aplikasi yang ada di Facebook seperti halnya melalui id.testony.com, id.vonvon.me atau id.nametests.com dan lainya? Atau hanya sekedar ingin tahu “bagaimanakah hubungan anda dengan pasangan hidup anda”?

Dibalik kuis-kuis yang sangat digemari banyak orang dari berbagai kalangan dan viral di Facebook itu ternyata ada kasus salah satu kuis yang dianggap mengkhawatirkan. Sebab, selain melanggar berbagai privasi pengguna juga berpotensi bahaya.

Dilansir dari Time yang dimuat pada 2015 silam,

salah satu kuis yang berjudul What Are Your Most Used Words on Facebook? yang artinya Kata-kata Apa yang Paling Banyak Anda Pakai di Facebook? dari id.vonvon.me ternyata dianggap sejumlah kalangan menyalahi privasi pengguna lantaran melebihi hal dasar yang dibutuhkan dalam kuis.

Dianggapnya melanggar privasi, secara spesifik fitur tersebut otomatis akan meminta data pengguna berupa info publik, daftar seluruh teman, isi timeline, foto yang diupload serta di-tag oleh teman, riwayat pendidikan, kota kelahiran serta lainnya hingga alamat IP.

Menanggapi hal tersebut, Vonvon President David Hahn menilai kuis “Most Used Words”

tersebut secara otomatis meminta data ke pengguna supaya tidak sulit. Artinya, banyaknya kuis yang dimainkan serta banyaknya pengguna yang berkunjung per hari setelah datanya diberikan di awal akan mempermudah Vonvon dalam bekerja dan tidak perlu lagi meminta data ke pengguna.

Selain soal untuk mempermudah Vonvon, Hanh juga menyebutkan perusahaannya

itu tidak mampu menyimpan data pengguna. Sebab, saat pengguna tengah menggunakan Vonvon, informasi yang diberikan tadi tetap tersimpan di server Facebook, bukan di server perusahaan Vonvon.

 

sumber :

http://groupspaces.com/Education30/pages/food-court-fever-apk

About the Author