UBER DILAPORKAN SEDANG BERNEGOSIASI UNTUK MEMBELI GRUBHUB DALAM KESEPAKATAN SELURUH SAHAM

UBER DILAPORKAN SEDANG BERNEGOSIASI UNTUK MEMBELI GRUBHUB DALAM KESEPAKATAN SELURUH SAHAM

UBER DILAPORKAN SEDANG BERNEGOSIASI UNTUK MEMBELI GRUBHUB DALAM KESEPAKATAN SELURUH SAHAM

 

UBER DILAPORKAN SEDANG BERNEGOSIASI UNTUK MEMBELI GRUBHUB DALAM KESEPAKATAN SELURUH SAHAM
UBER DILAPORKAN SEDANG BERNEGOSIASI UNTUK MEMBELI GRUBHUB DALAM KESEPAKATAN SELURUH SAHAM

Uber Technologies Inc sedang bernegosiasi untuk membeli perusahaan pengiriman makanan online Grubhub Inc dalam kesepakatan lengkap, menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini.

Merger dapat memberikan layanan pengiriman restoran Uber Eats yang kehilangan uang sebagai langkah awal bagi pemimpin pasar DoorDash pada saat pandemi coronavirus telah mengubah bisnis inti Uber dengan mengangkut orang dari satu tempat ke tempat lain.

Uber dan Grubhub masih tawar-menawar tentang rasio pertukaran saham kesepakatan itu, dan tidak ada kepastian bahwa mereka akan mencapai kesepakatan, kata sumber itu.

Akuisisi potensial menunjukkan bahwa pengganggu Silicon Valley menggandakan layanan yang paling cepat berkembang dalam perebutan untuk beradaptasi dengan apa yang mungkin menjadi gangguan bisnis yang lama.

“Ini akan menjadi langkah agresif oleh Uber untuk mengambil pesaing utama di bagian depan Uber Eats dan semakin mengkonsolidasikan posisi pasarnya,” kata analis Wedbush dalam catatan kliennya.

Uber dilaporkan sedang bernegosiasi untuk membeli Grubhub dalam kesepakatan seluruh saham
Gambar representasional. Reuters

Ini bisa mengubah “pasar pengiriman makanan AS yang padat menjadi perlombaan dua kuda,” kata analis CFRA Angelo Zino.

Saham Grubhub ditutup naik 13,6 persen pada $ 60,39, sementara Uber naik 2,4 persen menjadi $ 32,40.

Seorang juru bicara Uber mengatakan perusahaan itu tidak menanggapi “M&A spekulatif.” Grubhub, dalam sebuah pernyataan, tidak mengkonfirmasi perundingan tetapi mengatakan “konsolidasi dapat masuk akal di industri kami.”

Para ahli mengatakan konsolidasi sudah lama tertunda di ruang, di mana permintaan dari konsumen, rumah terikat khawatir melonjak.

DoorDash memiliki pangsa 42% dari penjualan pengiriman makanan pada bulan Maret 2020, dibandingkan 20% untuk Uber Eats dan 28% untuk Grubhub, data dari perusahaan analitik Second Measure menunjukkan.

“Jika Anda tidak bisa mengalahkan mereka, makanlah mereka,” kata Jesse Reyes, kepala eksekutif J-Curve Advisors, yang menyarankan modal ventura dan dana ekuitas swasta.

Makan Frenzy
Nilai kesepakatan itu tidak diungkapkan.

Grubhub memiliki kapitalisasi pasar sekitar $ 4,3 miliar, sementara Uber bernilai hampir $ 55 miliar pada penutupan Senin, menurut data Refinitiv.

Bloomberg News pertama kali melaporkan pembicaraan kesepakatan sebelumnya pada hari Selasa.

Uber “dapat menunggu sedikit lebih lama dan mungkin membuatnya lebih murah. Tetapi bisa jadi Anda memiliki

banyak kucing yang melingkari mangkuk yang sama,” kata Reyes.

Pendapatan kuartal pertama Uber Eats melonjak lebih dari 50% menjadi $ 819 juta setelah restoran di seluruh negeri menutup ruang makan mereka untuk mengekang penyebaran virus corona baru.

Layanan ini, tersedia di lebih dari 6.000 kota di seluruh dunia, telah menjadi hambatan bagi Uber sejak awal 2014 karena pengeluaran yang besar untuk promosi pelanggan dan insentif pengemudi.

Uber pada bulan Januari menjual bisnis makanan Indianya ke pesaing lokal Zomato dan awal bulan ini menutup operasi Makan di delapan negara.

Pekan lalu, Grubhub mengatakan industri restoran menghadapi tantangan besar dari pandemi COVID-19, dan bersumpah untuk menggunakan hampir semua laba kuartal kedua untuk membantu menghidupkan bisnis bagi mitra restorannya.

Komentar itu muncul di tengah kekhawatiran yang tumbuh dari anggota parlemen dan industri restoran tentang pengaruh negatif dari apa yang disebut perusahaan “pertunjukan ekonomi”.

Perwakilan Demokrat AS David Cicilline, dari Rhode Island, yang mengetuai Subkomite Dewan Antitrust,

mengatakan kesepakatan itu menggarisbawahi perlunya moratorium merger yang ia dan rekan-rekannya minta.

“Uber adalah perusahaan yang terkenal pemangsa yang telah lama menyangkal gaji pengendaranya. Upahnya untuk mengakuisisi Grubhub – yang memiliki sejarah mengeksploitasi restoran lokal melalui taktik menipu dan biaya pemerasan – menandai titik terendah baru dalam pencatutan pandemi,” katanya.

Andrew Rigie, direktur eksekutif Aliansi Perhotelan Kota New York, mengatakan Grubhub dan platform pengiriman besar lainnya terus meningkatkan tarif, mengontrol data pelanggan yang berharga, dan menggunakan teknik dan diskon canggih untuk menyalurkan pelanggan ke situs web mereka sendiri dan bukan dari restoran mitra mereka .

“Konsolidasi lebih lanjut dari industri menimbulkan kekhawatiran yang signifikan,” kata Rigie.

Para ahli antitrust mengatakan kesepakatan itu, jika ditandatangani, kemungkinan akan memenangkan persetujuan

dari regulator.

“Saya pikir kesepakatan ini bisa dilakukan. Tampaknya bagi saya tidak menjadi kelebihan konsentrasi,” kata Seth Bloom dari Bloom Strategic Counsel. “Mungkin restoran-restoran tidak akan menyukainya dan akan mengungkapkan kekhawatiran tetapi saya tidak berpikir itu akan berhasil.”

Pakar lain mengatakan kepada Reuters bahwa mereka mengharapkan peninjauan panjang.

Baca Juga:

About the Author