Total Quality Management dan Produktivitas

Total Quality Management dan Produktivitas

Total Quality Management dan Produktivitas

Total Quality Management dan Produktivitas
Total Quality Management dan Produktivitas

Persaingan ketat mendorong perusahaan untuk melakukan perbaikan dan pengembangan manajemen yang terpusat kepada kepuasan pelanggan (Widarini, 2009). Peningkatan kualitas tersebut telah menjadi kewajiban untuk memberikan kualitas produk dan pelayanan yang lebih baik yang dapat menjamin kepuasan pelanggan. Salah satu upaya peningkatan kualitas adalah dengan menerapkan konsep dasar Total Quality Management (TQM) atau Manajemen Mutu Terpadu. Bagi perusahaan, TQM saat ini sudah menjadi program yang harus dilaksanakan karena TQM ini merupakan pendekatan yang terpusat pada pelanggan yang mengenalkan perubahan manajemen sistematik dan perbaikan terus menerus pada proses, produk, manusia dan lingkungan. Penerapan TQM ini dapat memberikan sejumlah manfaat bagi perusahaan yang mencakup perbaikan pelayanan, pengurangan biaya dan kepuasan pelanggan. Perbaikan dalam sistem manajemen dan kualitas produk dan pelayanan ini nantinya dapat peningkatan kepuasan pelanggan. Selain itu, penerapan TQM juga dapat meningkatkan keahlian, semangat dan rasa percaya diri karyawan, hingga transparansi, produktivitas dan efisiensi pelayanan pelanggan (Widarini, 2009; Zjulla, 2015).

Kualitas dapat ditemukan dengan adanya perbandingan jumlah karakteristik yang melekat dengan kebutuhan atau persyaratan tertentu. Flynn, et al. (dalam Sari, Surachman, & Ratnawati, 2018) menjelaskan bahwa TQM adalah pendekatan terpadu yang memiliki tujuan  untuk mendapatkan serta mempertahankan output dengan kualitas yang tinggi

Sumber : http://fenilu95.blog.unjaniyogya.ac.id/school-days-apk/

About the Author