Tidak hanya Enak, Ternyata Ada Banyak Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan

Tidak hanya Enak, Ternyata Ada Banyak Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan

Tidak hanya Enak, Ternyata Ada Banyak Manfaat Telur Asin Bagi KesehatanTidak hanya Enak, Ternyata Ada Banyak Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan

Telur asin merupakan salah satu olahan dengan bahan telur yang banyak digemari masyarakat. Telur asin pada umumnya digunakan sebagai lauk. Namun enak juga bila disantap langsung.

Sesuai namanya telur asin rasanya tentu asin tetapi selain itu juga ada rasa gurihnya. Telur asin akan lebih mantap rasanya bila sudah masir. Masir merupakan sebutan untuk telur asin yang proses pengasinannya berhasil sempurna. Banyak orang yang menyebut masir sebagai telur berkualitas tinggi.

Ciri Ciri telur asin berkualitas tinggi antara lain:

Berwarna agak kemerahan
Bila digigit tidak berair (keset)
Tidak berbau amis
Rasanya Asin tetapi tidak terlalu asin
Tekstur berminyak dan
Bila dimakan bagian kuningnya ada rasa seperti butiran

manfaat telur asin bagi kesehatan

Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan
Selain enak dan gurih, setelah diteliti ternyata terdapat banyak manfaat telur asin bagi kesehatan, antara lain sebagai berikut:
Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Setelah di lakukan uji Lab ternyata telur asin mengandung zat yang disebut selenium. Selenium merupakan zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia untuk mempertahankan daya tahan tubuh. Bila kebutuhan tubuh manusia terhadap selenium terpenuhi, maka tubuh akan tahan terhadap berbagai macam penyakit contohnya flu dan batuk.

Menjaga Kesehatan Tulang
Telur asin memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang cukup untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan kandungan fosfor dan kalsium dalam telur asin, banyak anjuran untuk memberikan menu telur asin kepada anak-anak. Telur asin dapat membantu pertumbuhan tulang anak sehingga kekuatan dan tinggi badannya dapat tumbuh optimal.

Membentuk Otot dan Membantu Pertumbuhan Sel
Telur asin mengandung banyak protein yang bermanfaat bagi pertumbuhan sel dan meregenerasi sel yang rusak. Selain itu protein juga dibutuhkan untuk membentuk otot. Dalam sebutir telur asin kandungan proteinnya rata-rata 9 gr.

Meningkatkan fungsi Sel Darah Merah
Sel darah merah selain membawa oksigen juga dapat menutup luka. Telur asin memiliki zat yang dibutuhkan sel darah merah untuk melakukan tugasnya. Disamping itu telur asin juga meningkatkan kandungan sel darah merah itu sendiri.

Membantu Perkembangan Kecerdasan
Telur asin juga memiliki kandungan omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan tubuh, terutama otak. Omega3 dipercaya dapat membantu meningkatkan kecerdasan pada anakk. Oleh sebab itu telur asin sangat disarankan menjadi pelengkap menu yang disajikan untuk membantu proses pertumbuhan anak baik untuk tulang, otot dan otaknya.

Mencegah Anemia
Pada beberapa artikel, disebutkan bahwa telur asin mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi berpengaruh besar terhadap kinerja sel darah merah agar dapat membawa oksigen ke seluruh sel. Dengan zat besi dalam telur asin maka dapat mencegah gejala anemia atau kurang darah.

Cara membuat Telur Asin Brebes
Bila anda sempat, maka tidak ada salahnya anda membuat telur asin sendiri. Namun, bila tidak ada waktu anda juga dapat membeli telur asin di warung atau bahkan minimart terdekat. Berikut ini cara membuat telur asin
Bahan-bahan
10 sampai dengan 30 butir telur bebek segar (sebaiknya berumur 1 atau 2 hari)
500 gram garam dapur atau garam krosok bisa juga garam kotak
1,5 liter air bersih
Tempat plasik yang ada tutupnya

RECENT POSTS

About the Author