TANAMAN HIAS MAWAR

TANAMAN HIAS MAWAR

  1. Pengertian

Tanaman Mawar adalah tanaman yang banyak disukai oleh semua orang terutama oleh kalangan remaja, karena tanaman mawar mempunyai unsur estetika yang tinggi bagi seseorang yang melihatnya. Tanaman mawar merupakan tanaman hias yang harga jualnya pun tanaman cukup stabil terutama. dan dalam pembudidayaanna pun tidak terlalu sulit, karena itu banyak orang yang sukses dengan menanam tanaman mawar hias ini.

Cara Budidaya

  1. Persiapan Lahan

Persiapan lahan adalah pengolahan tanah atau mempersiapkan lahan untuk dijadikan media tanam     yang baru bagi tanaman agar dapat tumbuh lebih baik dengan unsur hara yang bersedia lebih banyak.

  1. Persiapan Benih

Persiapan benih/bibit adalah proses penyediaan benih untuk dijadikan bahan tanam.

  1. Penanaman Benih

Penanaman adalah pemindahan benih dari polybag ke media tanam yang baru dengan tujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dari tanaman tersebut. Jarak tanam yang digunakan dalam satu bedengan adalah 20×20 cm dan jarak antar bedengan diperkirakan 50 cm.

  1. Pemeliharaan tanaman

–          Pengepelan

Pengepelan adalah pembuangan daun tua bagian paling bawah tangkai yang berkisar antara 2-3 daun dari bawah.

–          Pewiwilan

Pewiwilan adalah pembuangan bunga yang tumbuh pada bagian tangkai pembendingan.

–          Pembendingan adalah  perundukan tangkai tanaman mawar pada tangkai yang tumbuh pada batang utama (batang okulasi), tujuannya untuk menumbuhkan tunas baru pada tangkai pembendingan.

TANAMAN HIAS PUCUK MERAH

  1. Pengertian

Pucuk Merah ( Syzigium oleina )merupakan tanaman yang berciri khas memiliki daun yang berwarnamerah dan hijau. Daun tumbuh rapat antara satu daun dengan daun lainnya. Tekstur daun halus dengan panjang daun berkisar 5 cm dan permukaan daun yang mengkilap. Saat daun masih pucuk dan muda, daun akan berwarna merah,dan dapat tumbuh dengan baik dengan mendapat sinar matari penuh.

  1. Cara Budidaya

Tanaman pucuk merah  dapat tumbuh di berbagai jenis tanah seperti top soil, latosol, alluvial.

Ada 2 sifat utama tanah sebagai media tumbuh adalah sebagai berikut :

  1. Sifat Fisik Tanah

Beberapa hal yang menentukan sifat fisik tanah adalah tekstur, struktur, konsistensis, kemiringan tanah, fermeabilitas, ketebalan lapisan tanah dan kedalam permukaan air.  Tanaman pucuk merah dapat tumbuh subur pada tanah gembur dan fermeabilitas sedang.

  1. Sifat Kimia Tanah

Sifat kimia tanah dapat dilihat dari tingkat keasaman dan komposisi kandungan mineral di dalamnya.  Tanaman pucuk merah dapat tumbuh pada Ph tanah antara 4.0- 6.5.  sedangkan Ph optimum 5- 5.5.  Tanah yang memiliki Ph rendah dapat dinaikkan dengan pengapuran ataupun pemupukan Dolomite.

  1. Pemupukan

Pemupukan sangat penting dilakukan karena untuk memberikan bahan kepada tanah dengan maksud memperbaiki atau meningkatkan kesuburan tanah.  Jadwal dan dosis pemupukan tergantung pada umur dan pertumbuhan bibit.  Pemupukan ini dapat dilakukan dengan cara yaitu dengan cara dilarutkan dengan air atau ditaburkan.

  1. Pegendalian Hama Dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit sangat penting dilakukan supaya bibit tanaman pucuk merah dapat tumbuh sehat dan normal. Pengendalian hama dan penyakit ini dilakukan dengan rotasi 2 minggu sekali.

Sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/jasa-penulis-artikel/

About the Author