Tahun 2016, Pasar PC Dunia Diprediksi Kembali Turun

Tahun 2016, Pasar PC Dunia Diprediksi Kembali Turun

Tahun 2016, Pasar PC Dunia Diprediksi Kembali Turun

Pada tahun 2016 angka pengiriman PC diperdiksi kembali menurun. lembaga riset pasar Gartner mencatat, pada kuartal kedua 2016 pengiriman PC di seluruh dunia mencapai 64.300.000 unit atau menurun 5,2% dari kuartal kedua tahun 2015.

Sebagaimana dilansir dari DigiTimes, menurut Mikako Kitagawa,

analis utama di Gartner, masalah penurunan pasar PC yang sedang berlangsung disebabkan oleh faktor mata uang lokal melemah terhadap dollar AS.

“Semua daerah mengalami penurunan pengiriman PC, kecuali Amerika Utara. Wilayah Amerika Latin masih sangat lemah, terutama karena ketidakstabilan politik dan ekonomi. Pengiriman PC di Amerika Latin diperkirakan turun di bawah 5 Juta unit untuk kuartal kedua 2016, penurunan lebih dari 20% dari kuartal kedua 2015,” kata Mikako Kitagawa.

Sementara itu, keluarnya Inggris dari Uni Eropa berdampak besar

pada pengapalan PC diseluruh dunia. Pasalnya, Brexit sangat berpotensi menimbulkan ketidakpastian pada mata uang dan seluruh perekonomian negara-negara diluar Eropa.

Berdasarkan urutan Vendor, Gartner mencatat Lenovo masih mempertahankan posisi nomor satu dalam pengiriman PC di seluruh dunia pada kuartal kedua tahun 2016, meskipun penurunan hingga 2,2% dari periode yang sama tahun lalu.

Sedangkan urutan kedua dan ketiga ditempati oleh HP dan Dell

. Sementara itu, untuk Asus, Apple dan Acer masih berjuang keras keluar dari posisi keempat.

 

Baca Juga :

About the Author