Resep Kolak Pisang Menu Ramadhan Bikin Ceria Saat Berbuka

Resep Kolak Pisang Menu Ramadhan Bikin Ceria Saat Berbuka

Berbagi resep kolak pisang yang enak dengan kuah gurih nan segar sebagai cara sederhana membuat varasi menu berbuka puasa di bulan ramadhan. Kolak pisang santan pakai susu ini bisa juga campur kolang kaling, ubi atau singkong, nangka, sagu mutiara/pacar cina, kacang hijau bahkan jagung manis pun dapat dijadikan pilihan spesial untuk bahan kombinasinya.

Tak hanya pisang nangka, pisang kepok kuning, pisang uli maupun pisang tanduk juga merupakan jenis pisang yang enak untuk bahan kolak. Tips membuat kolak pisang yang enak memang sangat sederhana selain dari cita rasa kuahnya, yaitu menggunakan buah pisang yang matang sehingga hasilnya manis dan segar.

Kuah kolak bisa menggunakan santan atau susu sebagai alternatif tanpa santan, perpaduan keduanya menghasilkan kolak pisang berkuah gurih dengan cita rasa yang lebih segar, sehingga bisa bikin suasana lebih ceria saat waktu berbuka puasa telah tiba.

Resep Bahan Kuah Kolak Pisang

10 buah pisang nangka (sekitar 700 gram), bisa gunakan pisang lain lalu kupas dan potong-potong menurut selera
250 gram kolang-kaling, cuci bersih
1 bungkus kecil (65 ml) santan instan sun kara
150 ml susu cair
100 gram gula pasir
1 gandu (80 gram) gula merah dan 100 ml air untuk melarutkan agar bisa disaring
½ sdt garam
1 sachet (sekitar 1/2 sdt) vanili bubuk
2 lembar daun pandan, simpulkan
1200 ml air
Resep Cara Membuat Kolak Pisang
Setelah bahan sudah dipersiapkan, siapkan sebuah panci lalu isi dengan 1200 ml air, daun pandan, gula pasir dan vanili. Masak sambil aduk-aduk sesekali hingga mendidih dan gula larut.
Cara Membuat Kolak Pisang
Masukkan potongan pisang dan kolang kaling lalu masak sebentar. Sambil menunggu kita didihkan sisiran gula merah bersama 100 ml air hingga gula larut, angkat dan saring.

Selanjutnya tuangkan susu cair sambil terus diaduk, setelah itu tuangkan juga larutan gula merah dan terakhir masukkan santan. Aduk terus hingga rata, matikan api setelah kolak pisang matang, lalu angkat dan siap untuk disajikan.

RECENT POSTS

 

About the Author