Perubahan Keseimbangan Pasar

  Perubahan Keseimbangan Pasar

Perubahan dalam kurva keseimbangan pasar bergantung pada pergesaran dua kurva yakni kuva penawaran dan permintaan. Apabila ada salah satu maupun kedua kurva berubah nilai harga keseimbangannya maka hasil dari kurva keseimbangan pasar juga akan berubah sesuai dengan kedua kurva tersebut.

Apabila unsur-unsur yang mendasari permintaan atau penawaran berubah, ini menyebabkan pergeseran-pergeseran dalam permintaan atau penawaran dan merubah harga serta kuantitas equilibrium pasar.

Tidak ada hal khusus yang menyebabkan pergeseran kurva keseimbangan pasar.

Tetapi jika yang berubah adalah faktor cateris paribus maka pada sisi penawaran hal yang mempengaruhinya adalah teknologi. Hal yang mempengaruhi perubahan atau pergeseran harga keseimbangan pasar juga dapat disebabkan oleh pendapatan indivudu masing-masing. Hal ini berada pada sisi permintaan.

2.5    Distorsi Pasar

Distorsi pasar atau kegagalan pasar adalah keadaan dimana mekanisme pasar tidak dapat berfungsi secara efisien dalam mengalokasikan sumber sumber ekonomi yang ada dalam masyarakat.[17]

Kegagalan pasar sendiri terjadi karena pelaku pasar tidak kooperatif dalam melaksanakan kegiatan ekonominya. Keadaan ini menyebabkan barang yang diproduksi terlalu banyak yang mengakibatkan kelebihan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Atau bahkan barang yang diproduksi tidak banyak sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat luas.

Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan pasar me

 

Sumber :

https://callcenters.id/

About the Author