Perbaikan ekonomi yang mendasar

Perbaikan ekonomi yang mendasar

Perbaikan ekonomi yang mendasar, meliputi distribusi pangan yang lebih efisien dan teratur yang telah menghindarkan kelangkaan pangan dan kelaparan, dan nutrisi yang baik. Di Afrika, tempat dimana tidak berlangsung refolusi hijau, dan kelaparan periodik terus berlangsung, tingkat kematian bayi tetap tinggi.

  1. Adanya tindakan-tindakan kesehatan publik pasca perang dunia II yang membantu menurunkan tingkat kematian bayi di negara-negara berkembang. Pemberantasan malaria dengan semprotan insektisida mempunyai pengaruh yang spektakuler di berbagai negara di mana malaria merupakan penyakit endemik utama dan mematikan, terutama bagi anak-anak di srilangka, pemberantasan malaria dengan DDT pada tahun 1946 diperkirakan menurunkan tingkat kematian dari 20 menjadi 14 daloam satu tahun. Juga terobosan teknologi sepanjang perang dunia II yang menciptakan teknologi yang sangat efektif untuk memerangi penyebab-penyebab utama kematian prematur di negara-negara berkembang. Obat-obatan yang lebih baik juga telah dikembangkan untuk mengatasi penyakit-penyakit tropis yang lain program vaksinasi masal terhadap tipus, kolera, dan penyakit kuning.
  1. Kenaikan dalam suplai makanan, baik meningkatnya hasil pertanian di negara berkembang maupun bantuan di negara-negara industri, termasuk VAO, sebuah badan di bawah naungan PBB.

              Penurunan tingkat kematian bayi dan peningkatan rentan hidup penduduk dewasa, atau penurunan tingkata kematian secara umum, biasa dinyatakan dalam harapan hidup yang lebih panjang (lihat tabel 11-2). Hal ini pada gilirannya akan merupakan faktor yang turut menyumbang (setelah satu kurun waktu tertentu) pada penurunan dalam tingkat kelahiran, karena, seperti yang dicatat oleh Birdsall, hampir semua studi dari penentu tingkat fertilitas (jumlah rata-rata dari kelahiran persatu wanita) mengindikasikan bahwa berkurangnya tingkat kematian bayi akan menyebabkan turunya tingkat kelahiran. Tentu saja ini hanya merupakan salah satu determinan, tetapi boleh dikatakan yang terbesar, sementara determinan-determinan yang lain adalah pendidikan wanita dan partisipasi wanita dalam perkerjaan, jasa perencanaan keluarga, dan pengaruh tingkat ekonomi yang membaik.

Pertumbuhan di masa datang

              Pertumbuhan di masa datang dari populasi dunia tergantung pada apa yang terjadi dengan tingkat fertilitas, tingkat kematian, dan tingkat kelahiran. Untuk menggambarkan hal ini, pertimbangkan contoh sederhana berikut ini. Hipotesiskan sebuah populasi ideal dengan keadaan di bawah ini.

  • Setiap bayi yang lahir akan hidup sampai umur 50 tahun.
  • Wanita dan pria masing-masing adalah separo dari populasi. Jumlah pria sama dengan jumlah wanita.
  • Pertumbuhan penduduk nol.
  • Jumlah penduduk dalam kelompok-kelompok usia adalah sama
  • Jumlah wanita dalam setiap kelompok umur sama dengan jumlah pria.
  • Karena masing-masing orang dalam hidupnya 50 tahun maka total populasi dalam satu tahun tertentu adalah 100n (n boleh diisi sembarangan angka, jika n besar berarti penduduknya banyak, dan sebaliknya). Karena jumlah wanita dan pria seimbang, maka dalam setiap kelompok umur, jumlah wanita adalah n.
  • Setiap tahun 2n penduduk tertua meninggal, sehingga perlu digantikan kelahiran 2n bayi. Kelahiran 2n per 100n (atau 2/100 atau 2 persen) dengan tingkat fertilitas ini, populasi tidak akan bertambah, tetapi juga tidak akan berkurang karena setiap yang mati akan diganti.

Jadi supaya populasi tersebut tumbuh nol (dengan harapan hidup 50 tahun), setiap tahun diperlukan tingkat fertilitas 2 persen. Perhatikan tingkat fertilitas di beberapa negara berkembang. Jika tingkat harapan hidupnya 60 tahun, maka jumlah penduduk menjadi 120n (=60x2xn), sehingga tingkat fertilitas untuk menjaga tingkat pertumbuhan nol  menjadi 1,66% (=2/120). Dengan cara yang sama, jika harapan hidup menjadi 70 tahun, maka tingkat fertilitas yang dibutuhkan menjadi 1,43 (=2/140). Jadi semakin tinggi harapan hidup sebuah populasi, tingkat fertilitas ideal harus turun supaya pertumbuhan penduduk berniai nol.

https://movistarnext.com/

About the Author