Penyebab Mata Kucing Berair

Penyebab Mata Kucing Berair

Penyebab Mata Kucing Berair

Penyebab Mata Kucing Berair

1. Nasolaccrimal Occlusion

Kondisi dimana saluran air mata terhalang karena ada penyumbatan pada sistem pengeringan air mata, sehingga terjadi sekresi normal yang melumasi bola mata tidak dapat mengalir dengan baik.

Sumbatan ini bisa disebabkan oleh bekas luka dari cedera kelopak mata atau cacat anatomis. Beberapa penghalang mungkin terjadi karena kotoran tersangkut di saluran.

Ketika organ ini mengalami masalah maka air mata yang keluar dari kucing jadi berlebihan dan menyebabkan mata kucing berair tanpa henti.

2. Konjungtivitis

Pada kondisi ini kucing akan memiliki mata merah dan bengkak disertai dengan keluarnya cairan. Konjungtivitis disebabkan oleh virus herpes kucing dan chlamydophila. Tak jarang virus ini menyerang hanya satu mata.

3. Uveitis

Struktur internal mata bisa menjadi meradang dalam kondisi ini. Gangguan ini menyakitkan dan dapat menyebabkan kebutaan.

4. Mata Kering

Seekor kucing akan memiliki lendir tebal dan berserat dari mata jika menderita mata kering. Cedera pada saraf tertentu dan kelenjar air mata itu sendiri dapat menyebabkan mata kering.


Sumber: https://guruaria.com/

About the Author