Pengertian, Fungsi, dan Jenis Bank

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Bank

disini siapa yang tetap menyisihkan uang sakunya untuk ditabung di Bank? Squad, menabung itu terlalu mutlak lho cocok dengan peribahasa “hemat pangkal kaya” dengan menghemat dan menabungkan uang anda di Bank, kelak anda bisa membeli barang yang anda inginkan tanpa wajib meminta orang tua lagi. Oh iya, namun pada mulanya anda memahami tidak apa sesungguhnya bank itu dan fungsi lainnya tak sekedar untuk menabung? Penasaran-kan? Yuk cari memahami bersama!

ternyata dari asal katanya ‘Bank’ berasal dari bahasa Italia “banca” yang artinya bangku. Lah kok bangku? Iya, menjadi pernah bangku ini digunakan sebagai tempat pertukaran uang yang digunakan pengawai bank untuk melayani kegiatan menabung. Pada perkembanganya, bank sekarang dikenal sebagai lembaga keuangan yang bertugas menyalurkan dan menyatukan dana di masyarakat, termasuk uang saku yang anda tabungkan

berapa banyak bank yang anda ketahui? Banyak sekalikan. Nah, sebab itu tersedia pengategorian bank berdasarkan kepemilikannya dan fungsinya. Pengategorian berdasarkan kepemilikannya bank dibedakan menjadi bank punya pemeritah, bank punya swasta nasional, bank punya koperasi, bank punya campuran dan bank punya asing. Selain itu, bank termasuk digolongkan berdasarkan fungsinya. Antara lain:

1. Bank Sentral

Bank yang berwenang menjadi bank sentral Indonesia adalah Bank Indonesia yang memiliki kebijakan untuk mengatur dan mengawasi kegiatan perbankan di Indonesia. Untuk penjelasan lebih jelas, anda bisa baca di Tugas dan Wewenang Bank Sentral.

2. Bank Umum

Jenis bank yang satu ini bertugas untuk laksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan bank syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lantas lintas pembayaran.

3. Bank Perkreditan Rakyat

Terakhir adalah Bank Perkreditan Rakyat yang berguna untuk memberikan pemberian kredit bersifat kredit investasi maupun kredit eksploitasi dalam skala kecil dengan jaminan kepada rakyat yang berada di daerah.

Wow, ternyata asal kata bank berasal dari Italia yang artinya banku. Jauh termasuk ya, Squad. Sekarang sudah memahami termasuk dong fungsi dari bank. Nah, sebab sudah memahami berkenaan pengertian, fungsi dan style bank, menjadi sekarang wajib rajin menabung di bank ya.


Sumber: http://ojel.student.umm.ac.id/seva-mobil-bekas/

About the Author