Pengertian Antibodi

Pengertian Antibodi

Pengertian Antibodi

Pengertian Antibodi

Antibodi adalah

senjata yang tersusun dari protein dan dibentuk untuk melawan sel-sel asing yang masuk ke tubuh manusia. Senjata ini diproduksioleh sel-sel B, sekelompok prajurit pejuang dalam sistem kekebalan. Antibodi akan menghancurkan musuh-musuh penyerbu. Antibodi mempunyai dua fungsi, pertama untuk mengikatkan diri kepada sel-sel musuh, yaitu antigen. Fungsi kedua adalah membusukkan struktur biologi antigen tersebut lalu menghancurkannya.


Berada dalam aliran darah dan cairan non-seluler, antibodi mengikatkan diri kepada bakteri dan virus penyebab penyakit. Mereka menandai molekul-molekul asing tempat mereka mengikatkan diri. Dengan demikian sel prajurit tubuh dapat membedakan sekaligus melumpuhkannya,


Tubuh manusia mampu memproduksi masing-masing antibodi yang cocok untuk hampir setiap musuh yang dihadapinya. Antibodi bukan berjenistunggal. Sesuai dengan struktur setiap musuh, maka tubuh menciptakan antibody ikhusus yang cukup kuat untuk menghadapi si musuh (antigen).


Terdapat beberapa tipe antibody yang berbeda dari rantai berat antibodi,dan beberapa tipe antibodi yang berbeda, yang dimasukan kedalam isotype yang berbeda berdasarkan pada tiap rantai berat mereka masuki. Lima isotype antibodiyang berbeda diketahui berada pada tubuh mamalia, yang memainkan peran yang berbeda dan menolong mengarahkan respon imun yang tepat untuk tiap tipe bendaasing yang berbeda yang ditemui.


  • Wikipedia Indonesia

Antibodi (antibody, gamma globulin) adalah glikoprotein dengan struktur tertentu yang disekresi dari pencerap limfosit-B yang telah teraktivasi menjadi sel plasma, sebagai respon dari antigen tertentu dan reaktif terhadap antigen tersebut.


  • David L. Nelson and Michael M. Cox; Lehninger

Antibody atau immunoglobulins sering kali disingkat dengan Ig.Immunoglobulins mengikat bacteri, virus, atau molekul besar yang diidentifikasi sebagai benda asing. Immunoglobulins diproduksi oleh limfositB atau sel B.

  • R.H.Garrett, C.M.Grisham; Biochemistry;125

Antibody atau immunoglobulin merupakan protein pelindung yang dihasilkanoleh limfosit vertebrata. Antibody memiliki kemampuan luar biasa untuk menolak atau mengabaikan bagian instriksik molekul dari organisme


Secara khusus antibody dapat mengenali dan menetralkan molekulasing yang dihasilkan dari invasi organism virus, bakteri, atau sesuatu (agen)menular lainnya.

Secara umum dan luas antibodi dapat diartikan sebagai protein yangdapat ditemukan pada plasma darah dan digunakan oleh sistem kekebalan tubuh untuk mengidentifikasikan dan menetralisir benda asing seperti bakteri dan virus.Mereka terbuat dari sedikit struktur dasar yang disebut rantai. Tiap antibodimemiliki dua rantai berat besar dan dua rantai ringan. Antibodi diproduksi olehtipe sel darah yang disebut sel limfosit B.


Sumber: https://asiacargo.co.id/mazemilitia-apk/

About the Author