Mengenal Tumbuhan Kantong Semar

Mengenal Tumbuhan Kantong Semar

 

Kantong semar (Nepenthes sp.) adalah tumbuhan pemakan serangga yang disebut juga tumbuhan karnivora. Tumbuhan unik daerah tropik yang merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia. Kantong semar banyak di temukan di Pulau Sumatera,Kalimantan,Sulawesi,Papua,Maluku dan Jawa. Jenis kantong semar terbanyak terdapat di Pulau Kalimantan.

Kantong semar tumbuh dan tersebar mulai dari Australia bagian utara,Asia Tenggara,hingga Cina bagian selatan. Indonesia sendiri memiliki Pulau Kalimantan dan Sumatera sebagai surga bagi habitat tanaman ini. Dari 64 jenis yang hidup di Indonesia, 32 jenis diketahui terdapat di Borneo (Kalimantan, Serawak, Sabah dan Brunei) sebagai pusat penyebaran kantong semar. Pulau Sumatera menempati urutan kedua dengan 29 jenis yang sudah berhasil di identifikasi. Keragaman jenis kantong semar di pulau lainnya belum tentu di ketahui secara pasti. Namun berdasarkan hasil penelusuran herbarium di Herbarium Bogoriense,Bogor di temukan bahwa di Sulawesi minimum 10 jenis, dan Jawa 2 jenis.

Tumbuhan kantong semar ini pada spesiesnya kebanyakan tumbuh di tempat dengan kelembapan tinggi dan cahaya dengan tingkat menengah hingga tinggi. Beberapa spesies seperti Nepenthes ampullaria tumbuh di tempat yang mirabilis tumbuh ditempat yang terbuka dengan cahaya yang berlimpah. Dimana tanah tempat tumbuh nepenthes biasanya miskin hara dan asam.

Kantong semar tumbuh di tempat yang agak terlindung atau terbuka. Tumbuhan unik ini hidup pada tanah yang miskin unsur hara dan memiliki kelembaban yang tinggi.

Tumbuhan kantong semar dapat mencapai tinggi 15-20 m dengan cara memanjat tanaman lainnya, walaupun ada beberapa speseis yang tidak memanjat. Pada ujung daun terdapat sulur yang dapat termodifikasi membentuk lantong, yaitu alat perangkap yang dimanfaatkan untuk memakan mangsanya. Sehingga kantong ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak tersedia pada habitat tumbuh (Wikipedia).

Adapun manfaat tumbuhan kantong semar, sebagai berikut.

  1. Kantong semar dengan spesies Nepenthes gymnamphora dapat di gunakan sebagai indikator suatu iklim di daerah tertentu. Jika spesies kantong semar ini dapat di tumbuhkan pada suatu daerah,maka daerah itu dapat di pastikan memiliki tingkat curah hujan yang tinggi,tanah dengan unsur hara rendah serta kelembaban udara melebihi 75%.
  2. Cairan pada kantong dapat di gunakan sebagai obat batuk,dengan catatan bahwa cairan yang di gunakan yang di ambil dari kantong yang tertutup.
  3. Air rebusan dari cairan dan akar tanaman ini dapat di gunakan sebagai obat sakit perut,luka bakar,dan iritasi mata.
  4. Batang tanaman yang sudah di keringkan dari jenis Nepenthes ampullaria dapat di gunakan sebagai pengganti tali jerat.
  5. Pada beberapa Negara seperti Filipina,kantong dari tanaman ini dapat di gunakan sebagai pembungkus ketika menanak atau memasak nasi atau sebagai pengganti daun pisang pada pengemasan makanan tradisional,dengan catatan bahwa kantong yang di gunakan sudah di cuci bersih untuk menghilangka cairannya dan lapisan lilinnya.

Tumbuhan kantong semar ini dapatt mengalami kepunahan terhadap keanekaragamannya kemungkianan disebabkan tingginya laju deforestasi, kebakaran hutan, serta makin menurunnya luas hutan alam. Dan juga kemungkinan ada seseorang yang merusak dan mengambil kantong semar untuk dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

RECENT POSTS

About the Author