MANFAAT LUAR BIASA DAUN KENIKIR

MANFAAT LUAR BIASA DAUN KENIKIR

MANFAAT LUAR BIASA DAUN KENIKIRMANFAAT LUAR BIASA DAUN KENIKIR

Pernahkah kamu melihat tanaman kenikir?

Tanaman ini biasa juga disebut dengan Ulam Raja, dan sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Kenikir adalah tumbuhan tahunan yang berbatang pipa, dengan garis-garis yang membujur. Tingginya dapat mencapai 1 m dan daunnya bertangkai panjang dan duduk daunnya berhadapan, sehingga terbagi menyirip menjadi 2-3 tangkai.

Namun tahukah kamu, ternyata tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya obat maag, lemah lambung, obat lemah jantung, obat gondongan, obat payudara bengkak, obat cuci darah, meningkatkan sistem imun tubuh, menguatkan tulang, penambah nafsu makan, mengatasi bau mulut, dan obat kanker seperti kanker payudara, kanker lambung dan kanker hati.

Daun kekinir memiliki kandungan artemisinin yang mampu melawan kanker. Inilah sebabnya mengapa daun kenikir itu terasa pahit saat dimakan. Cara kerja Artemisinin adalah artemisinin akan mengikat dengan kadungan iron dalam suatu sel, sehingga menyebabkan radikal bebas yang berakibat sel menjadi mati. Nah, sel kanker memiliki kadungan iron yang tinggi. Artemisinin akan hanya membunuh sel dengan iron tinggi (sel kanker saja) tanpa merusak sel baik lainnya.

Tanaman ini telah digunakan dalam pengobatan China dan mampu membunuh 98% sel-sel kanker payudara hanya dalam waktu kurang dari 16 jam. Penemuan ini sebenarnya sudah ditemukan sejak 1997 oleh Dr Zhenxing Wei. Dengan penelitian yang lebih dalam lagi, seharusnya pengobatan dengan artemisinin ini hanya akan membunuh sel kanker tanpa merusak sel baik. Jika bisa berhasil terapi ini akan mengganti kemoterapi yang saat ini dipakai oleh para dokter di dunia.

Untuk mendapatkan manfaat ini Anda harus mengkonsumsi daun muda yang sudah direbus tentunya. Kamu bisa mencapurkan daun kenikir yang sudah direbus ke parutan kelapa agar lebih enak dalam mengkonsumsinya. Cara ini disebut masakan urap. Yuk, konsumsi kenikir mulai dari sekarang agar terhindar dari kanker! Jangan khawatir kantong bolong hanya untuk membeli kenikir ya! Sayur kenikir dijual murah, kok, di pasaran.

Sumber: https://belantaraindonesia.org/startup-fintech-butuh-pembinaan/

About the Author