Macam-Macam Alat Gerak

Macam-Macam Alat Gerak

apa kabar? Bagaimana hari ini? Apakah sudah diawali dengan hal-hal yang menyenangkan? Atau tambah tersedia yang tetap mager? Wah, jangan mager dong. Kita harus selalu stimulus untuk sanggup meraih cita-cita. Kita mulai bergerak sehingga tambah semangat, yuk! Nah, tahukah kamu, alat gerak manusia terdiri berasal dari alat gerak aktif dan pasif. Lha, berarti tersedia banyak, dong alat geraknya? Apa saja macam-macam alat gerak? Kuy, cari paham bersama!

Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan alat gerak aktif dan alat gerak pasif? Yang dimaksud dengan alat gerak aktif adalah otot, namun alat gerak pasif adalah tulang. Kita bahas satu persatu, ya!

Alat Gerak Pasif

Kira-kira, kenapa ya tulang disebut sebagai alat gerak pasif? Hal itu sebab tulang digerakan oleh otot, lho! Nah.. baru paham kan? Selain sebagai alat gerak pasif, tulang bermanfaat untuk menyokong tubuh, memberi wujud tubuh, menjadi tempat pembentukan sel darah, memelihara organ vital, dan menjadi tempat melekatnya otot. Tulang ini tersedia banyak macamnya, lho! Tulang dibagi berdasarkan bentuk, sel penyusun, dan rangka tubuh. Yuk, kenalan satu persatu!

Tulang Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, tulang dibagi menjadi tulang pipa, tulang pipih, dan tulang pendek. Tulang pipa memiliki wujud panjang dan berbonggol di ke dua ujungnya, serta memiliki sumsum kuning. Contoh tulang pipa pada lain tulang lengan atas atau humerus. Tulang pipih adalah tulang yang berupa lebar, pipih, dan mempunyai kandungan sumsum merah. Contoh tulang pipih adalah tulang penyusun tengkorak. Terus, tulang pendek tuh, tulang yang bentuknya pendek gitu, ya? Yap! Tulang pendek memiliki wujud pendek, kecil, dan mempunyai kandungan sumsum merah. Contohnya adalah ruas-ruas jarimu.

Tulang Berdasarkan Sel Penyusunnya

Berdasarkan sel penyusunnya, tulang dibedakan menjadi tulang rawan dan tulang keras. Tulang rawan disusun oleh sel kondrosit dan memiliki 3 jenis, yaitu tulang rawan hialin, tulang rawan elastin, dan tulang rawan fibrosa.

Tulang rawan hialin disusun oleh serabut kolagen yang jumlahnya lebih banyak daripada serabut elastin. Matriks tulang ini berwarna putih kebiruan. Kira-kira, tulang rawan hialin tersedia di sebelah mana berasal dari tubuh kita, ya? Tulang rawan hialin ini banyak terkandung pada persendian, lho. Nah, terkecuali tulang rawan elastin memiliki warna matriks kekuningan dan disusun oleh serabut elastin yang jumlahnya lebih banyak dibanding serabut kolagen. Contoh tulang rawan elastin adalah daun telinga, epiglotis, dan trakea. Lalu, tulang rawan fibrosa itu kayak apa, dong? Contoh tulang rawan fibrosa itu ruas tulang belakangmu. Tulang ini cuma disusun oleh serabut kolagen dan warna matriksnya keruh dan gelap.

Lalu, bedanya dengan tulang keras apa, dong? Nah, tulang keras ini disusun oleh osteosit. Tulang keras dibedakan menjadi tulang kompak dan tulang berongga. Oh iya, tulang kompak dan tulang berongga ini tidak sanggup dipisahkan, ya! Hal ini sebab didalam sebuah tulang, tentu tersedia tulang kompak dan tulang berongga yang menyusun tulang tersebut.

Tulang Berdasarkan Rangka Tubuh

Berdasarkan rangka tubuh, tulang dibedakan menjadi rangka aksial, yang terdiri berasal dari tulang tengkorak dan tulang badan. Tulang tengkorak terdiri berasal dari tulang tempurung kepala dan tulang wajah, namun tulang badan terdiri berasal dari tulang dada, tulang belakang, tulang rusuk, dan tulang panggul. Selain rangka aksial, terkandung terhitung rangka apendikular, yang terdiri berasal dari tulang bagian gerak atas dan bawah.

Alat Gerak Aktif

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, tulang merupakan alat gerak pasif sebab tulang memperoleh dukungan berasal dari otot. Kalau begitu, otot itu alat gerak aktif, dong? Yap! Otot merupakan alat gerak aktif sebab sanggup berkontraksi dan lakukan relaksasi. Otot memiliki 3 jenis sifat, yaitu kontraktilitas (otot sanggup memendek kala kontraksi), ekstensibilitas (otot sanggup memanjang kala relaksasi), dan elastisitas (kemampuan otot untuk sanggup kembali ke ukuran semula).


Sumber: http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/seva-mobil-bekas/

About the Author