Letak dan Ukuran Uterus

Letak dan Ukuran Uterus

Letak dan Ukuran Uterus

Letak dan Ukuran Uterus

Ukuran uterus berbeda-beda tergantung pada usia, pernah melahirkan atau belum. Ukuran uterus pada anak-anak 2-3 cm, nulipara 6-8 cm, multi para 8-9 cmdan > 80 gram atau bisa mencapai 1000 grampada wanita hamil. Uterus dapat menahan beban hingga 5 liter.


Umumnya ukuran uterus adalah 7-7,5 cm, lebar di tempat yang paling lebar 5,25 dan tebal 2,5 cm. Adapun letak uterus adalah sebagai berikut :


  • Ante dan retrofleksio uteri

Sumbu serviks dan sumbu korpus uteri membentuk sudut, jika membuka ke depan disebut : antefleksio, jika membuka ke belakang disebut : retrofleksio.


  • Ante dan retroversio uteri

Sumbu vagina dan uterus membentuk sudut, jika membuka ke depan disebut : ante versio, jika membuka ke belakang disebut : retro versio.


  • Positio

Uterus tidak terletak pada sumbu panggul, bisa lebih ke kiri (sinistro), ke kanan (dextro), ke depan (antero) dan bisa lebih ke belakang (dorso positio).


  • Torsio

Letak uterus biasanya agak berputar


Uterus adalah

suatu organ muskular berbentuk seperti buah pir/Alpukatterbalik yang sedikit gepeng, dengan berat sekitar 30 gr – 60 gr. Terletak di rongga pelvisantara rektum (bagian usus sebelum dubur) dan di depannya terletak kandung kemih. Hanya bagian bawahnya disangga oleh ligamen yang kuat, sehingga bebas untuk tumbuh dan berkembang saat kehamilan.


Ruangan rahim berbentuk segitiga, dengan bagian besarnya di atas. Dari bagian atas rahim (fundus) terdapat ligamen menuju lipatan paha (kanalis inguinalis), sehingga kedudukan rahim menjadi ke arah depan.


Baca Juga :

About the Author