LATAR BELAKANG

A.   LATAR BELAKANG

Sering kali kita sebagai orang islam tidak mengetahui kewajiban kita sebagai mahluk yang paling sempurna yaitu shalat, atau terkadang tau tentang kewajiban tapi tidak mengerti terhadap apa yang dilakukaan.

Dalam istilah lain, sholat adalah satu macam atau bentuk ibadah yang di wujudkan dengan melakukan perbuatan-perbuatan tertentu di sertai ucapan-ucapan tertentu dan dengan syarat-syarat tertentu pula. Istilah sholat ini tidak jauh berbeda dari arti yang digunakan oleh bahasa di atas, karena di dalamnya mengandung do’a-do’a, baik yang berupa permohonan, rahmat, ampunan dan lain sebagainya.

Adalah suatu kenyataan bahwa tak seorangpun yang sempurna, apalagi maha sempurna, melainkan seseorang itu serba terbatas, sehingga dalam menempuh perjalanan hidupnya yang sangat komplek itu, ia tidak akan luput dari kesulitan dan problema. Oleh karena itu kita perlu mengetahui apa itu sholat, dan syarat rukunya

Shalat harus didirikan dalam satu hari satu malam sebanyak lima kali, berjumlah 17 rakaat. Shalat tersebut merupakan wajib yang harus dilaksanakan tanpa kecuali bagi muslim mukallaf baik sedang sehat maupun sakit. Selain shalat wajib ada juga shalat-shalat sunah.

B.   RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang masalah diatas dapat diambil rumusan masalahnya yaitu sebagai berikut :

  1. Apa pengertian shalat ?
  2. Ada berapa jumlah shalat fardhu ?
  3. Kapan waktu shalat ?

C.   TUJUAN

  1. Sebagai bukti tugas terstruktur dari dosen pembimbing mata kuliah system ekonomi Indonesia.
  2. Makalah ini bertujuan sebagai bahan pelajaran.
  3. Menjelaskan kepada pembaca tentang shalat lima w

 

About the Author