Konsep dasar etika manajemen

Konsep dasar etika manajemen

Konsep dasar etika manajemen

Konsep dasar etika manajemen

  1. Dimensi Etika Dalam Manajemen

Etika pada dasarnya adalah studi menegenai tanggung jawab moral yang terkait dengan apa yang dianggap benar dan apa yang dianggap salah. Etika adalah keyakinan akan sesuatu yang dianggap benar dan salah. Namun etika manajemen jauh lebih berbicara mengenai nilai-nilai yang dianut oleh organisasi sehubung dengan kegiatan yang dijalankan.

  1. Nilai Personal Sebagai Standar Etika

Nilai dan norma dalam personal merupakan suatu hal yang penting dalam manajemen sebab hal itu memiliki peran penting dalam hal pengambilan keputusan dan etika menejamen. Hal ini memunculkan perlunya pengkajian seputar nilai personal sebagai standar etika.

  1. Nilai Terminal dan Nilai Instrumen

Nilai personal dibagi kedalam dua jenis:

  1. Nilai terminal

Merupakan pandangan dan cara berfikir seseorang yang terwujud melalui perilakunya, yang didorong oleh motif dirinya dalam meraih sesuatu.

  1. Nilai instrumental

Merupakan pandangan dan cara berfikir seseorang yang berlaku untuk segala keadaaan dan diterima oleh semua pihak sebagai sesuatu yang memang harus diperhatikan dan jalankan.

Etika manajemen adalah standar , perilaku yang memandu manajer dalam pekerjaannya.

Ada tiga kategori klasifikasi dalam etika manajemen yaitu:[9]

  1. Perilaku Terhadap Karyawan

Kategori ini meliputi aspek perekrutan, pemecatan, kondisi upah dan kerja, serta privasi dan respect. Pedoman etis dan hukum mengemukakan bahwa keputusan perekrutan dan pemecatan harus didasarkan hanya pada kemampuan untuk melakukan pekerjaan. Perilaku yang secara umum dianggap tidak etis dalam kategori ini misalnya mengurangi upah para pekerja karena tau pekerja itu tidak bisa mengeluh lantaran karena takut kehilangan pekerjaannya.

  1. Perilaku Terhadap Organisasi

Permasalahan etika juga terjadi dalam hubungan pekerja dengan organisasinya. Masalah yang terjadi terutama menyangkut tentang kejujuran, konflik kepentingan, dan kerahasiaan. Masalah kejujuran yang sering tejadi diantaranya menggelembungkan anggaran atau mencuri barang milik perusahaan. Konflik kepentingan terjadi ketika seorang individu melakukan tindakan untuki mengambil keuntungan sendiri namun merugikan atasannya. Misalnya, menerima suap. Sementara itu, masalah pelanggaran etika yang berhubungan kerahasiaan diantaranya menjual atau membocorkan rahasia perusahaan kepada pihak lain.

  1. Perilaku Terhadap Agen Ekonomi Lainnya

Seorang manajer juga harus menjalankan etika ketika berhubungan dengan agen-agen ekonomi lain seperti pelanggan, pesaing, pemegang saham, pemasok, distributor, dan serikat buruh.

Dalam etika manajemen ada hubungan yang perlu kita ketahui agar terjalin kerja sama yang baik. Etika manajemen itu meliputi tiga hal yaitu:

  1. Hubungan organisasi atau perusahaan
  2. Hubungan karyawan dengan organisasi
  3. Hubungan organisasi dengan pihak luar

Baca Juga ;

About the Author