sayuran

Khasiat Sayur-Sayuran

Kita sudah sering mendengar sejak kecil bahwa kita perlu makan sayur agar tetap sehat. Bahkan sekarang kita tahu bahwa sayur adalah makanan yang sehat. Tetapi secara khusus, apakah Anda mengetahui manfaat sayuran yang sebenarnya bagi kesehatan dan mengapa sayuran sangat penting bagi tubuh?

Sayuran dan pisang merupakan makanan bergizi tinggi yang dapat melindungi kita dari penyakit berbahaya seperti jantung, kanker dan diabetes. Ini mengandung banyak bahan sehat, termasuk serat, vitamin dan antioksidan.

Meski dalam keadaan sehat, sebaiknya makan setidaknya 5 porsi sayuran dan buah-buahan serta 400 gram makanan per hari. Ini juga mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Manfaat sayur untuk tubuh kita

Berikut detail dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari makan sayur.

1. Baik untuk pencernaan
Seperti yang kita ketahui bersama, serat terbaik untuk tubuh adalah sayuran. Serat merupakan komponen penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan serta mencegah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Mengonsumsi makanan berserat tinggi dapat menurunkan risiko kanker usus besar.

Dapatkan cairan tubuh yang tepat
Sayuran adalah sumber makanan rendah lemak dan kalori yang baik. Jadi, jenis diet ini baik untuk Anda karena mencoba membatasi asupan kalori untuk tubuh.

Tentu saja, manfaat ini tidak dapat diperoleh jika sayuran kurang matang. Goreng sayuran atau bumbui dengan minyak, garam, atau bahan berlemak lainnya.

3. Mencegah tekanan darah tinggi
Sayuran berdaun hijau mengandung nitrat dan nitrat yang tinggi, sehingga dapat melindungi Anda dari tekanan darah tinggi. Selain itu, lemak tak jenuh dari biji-bijian dan minyak zaitun bisa memiliki efek yang sama.

4. Mengurangi resiko kanker
Sayuran seperti kangkung, brokoli, dan brokoli mengandung indole dan isothiocyanate. Keduanya dipercaya dapat melindungi tubuh dari kanker usus besar, kanker payudara, melanoma, dan kanker lainnya.

Brokoli dalam bentuk tunas masih mengandung sulforaphane yang lebih tinggi dibandingkan brokoli yang sudah tumbuh. Bahan ini dikenal dapat melindungi tubuh dari kanker.

Selain itu, hampir semua sayuran mengandung antioksidan tingkat tinggi, yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang berlebihan. Paparan yang berlebihan dapat menghancurkan sel-sel dalam tubuh dan memicu pembentukan sel kanker.

5. Hindari stres
Banyak orang yang belum mengetahui manfaat sayuran ini. Ya, sayur mayur bisa membantu meredakan stres sekaligus memperbaiki mood Anda. Selain itu, makan sayur membuat Anda lebih sehat dan lebih segar. Padahal, sayuran dipercaya dapat membantu meringankan gejala depresi.

6. Menjaga kesehatan kulit
Bukan rahasia lagi kalau sayuran membuat kulit sehat dan lembut, kenyal dan bercahaya. Manfaat ini berasal dari kandungan sayur mayur yang baik untuk kulit,

Vitamin C dalam jeruk dan sayuran hijau baik untuk produksi kolagen.
Likopen dalam sayuran merah melindungi kulit dari sinar matahari
Antioksidan dalam sayuran biru atau ungu termasuk terong dan kubis ungu, yang melindungi kulit dari radikal bebas.
7. Rambut sehat
Ingin rambut indah berkilau? Perbanyak vegetarianisme. Ini karena mengandung berbagai bahan seperti Vitamin A, Vitamin C, Beta Karoten, Likopen dan Antioksidan yang penting untuk memperkuat rambut dan menjaga kilau yang indah.

Ragam Manfaat Konsumsi Sayuran Hijau

sayuran

Manfaat sayur mayur bagi kesehatan tidak dapat dibedakan dengan vitamin, mineral, serat dan zat gizi lainnya. Berikut manfaat makan sayuran secara rutin:

1. Menjaga kesehatan mata
Mengonsumsi sayur mayur seperti kacang polong dan bayam dipercaya dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu, lutein dan zeaxanthin dalam sayuran berdaun hijau menurunkan risiko demensia akibat penuaan dan glaukoma.

2. Mencegah Artritis Reumatoid
Mengonsumsi sayuran seperti brokoli, kangkung, dan bok choy dapat mengurangi risiko asam urat. Ini karena antioksidan seperti vitamin A, C, dan K dapat mengatasi antioksidan tubuh, termasuk asam urat.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Hijau kaya serat. Dengan rutin mengonsumsi sayur mayur, buang air besar Anda akan lebih lancar. Selain itu membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

4. Mencegah penyakit jantung
Sayuran berdaun hijau mengandung flavonoid, karotenoid, vitamin K dan vitamin C yang dapat dipercaya baik sebagai untuk kesehatan dari jantung. Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, Anda perlu makan sayur secara rutin.

Meski sayuran hijau memiliki banyak manfaat kesehatan, Anda perlu berhati-hati lah anda saat mengonsumsinya. Terutama Perhatikan kebersihan dan juga kesegaran sayuran yang bisa akan Anda makan ataupun masak. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu dan memerlukan panduan diet termasuk pemilihan sayuran, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan nasihat yang tepat.

About the Author