Kelenjar-Kelenjar Pada Sistem Endokrin

Kelenjar-Kelenjar Pada Sistem Endokrin

Kelenjar-Kelenjar Pada Sistem Endokrin

Kelenjar-Kelenjar Pada Sistem Endokrin

Dalam tubuh manusia ada tujuh kelenjar endokrin yang penting, yaitu :

  1. Kelenjar hipofisis

Kelenjar hipofisis terletak pada dasar otak besar. Berbentuk oval, sebesar kacang dengan berat sekitar 0,5 g. Menghasilkan bermacam-macam hormon yang mengatur kegiatan kelenjar lainnya. Oleh karena itu kelenjar hipofisis disebut master gland.

Kelenjar hipofisis dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

1)        Hipofisis bagian anterior.

2)        Hipofisis bagian tengah

3)        Hipofisis bagian posterior.

Kelenjar hipofisis terletak dibawah hipotalamus. terdapat dua lobus yaitu anterior dan posterior. perbedaan adenohipofisis dengan neurohipofisis adalah dalam adanya sel sekretorik Lobus Anterior disebut Adenohipofisis (lobus terbesar). lobus posterior disebut neurohipofisis. neurohipofisis sebagia besar merupakan sekumpulan ujung-ujung syarafdari hipotalamus (sel-sel neurosekretorik). Akson dari sel syaraf neurosekretorik turun kebawah membentuk tangkai yang di sebut dengan infidibulum ke kelenjar hipofisis membentuk hubungan langsung antara sistem syaraf dengan sistem endokrin. neurosekretorik sel hipotalamus lain mensekresikan releasing hormone ke pembuluh darah portal dan dibawa ke sel sekretorik di adenohipofisis dan sel sekretorik memberikan respon dengan mensekresikan hormon.

Hubungan antara hipotalamus dengan hipofisis kelenjar antara hipotalamus disebut “master gland” walaupun ada juga yang menyebut master gland adalah hipotalamus. Hipotalamus mensekresikan hormon releasing faktor. neurohipofisis merupakan neuron dengan akson tak bermyelin. hormon diproduksi di badan sel dihipotalamus dan disekresikan oleh ujung sel yang ada di hipofisis.

  1. Kelenjar tiroid

Kelenjar ini terdapat di bawah jakun di depan trakea. Kelenjar tirod terletak dileher, didepan trakea. terdiri dari dua lobus yaitu kiri dan kanan bagian tengah sebagai penghubung disebut ishmus. kelenjar tiroid merupakan kumpulan dari ratusan bahkan ribuan follicle seperti bola dan hormon tiroid disimpan didalamnya. follicle tersusun atas lapisan tunggal dari sel epitel kuboid. kelenjartiroid terdiri atas dua jenis yaitu sel follikular. sel follikular merupakan sel utama, ukuran sel parafollikular lebih besar dari sel follikuler. kelompok sel parafollikuler ditemukan diantara follikel.

 

  1. Kelenjar Paratiroid

Kelenjar paratiroid adalah empat organ kecil, masing-masing berukuran sebesar biji apel, terletak pada permukaan posterior kelenjar tiroid dan dipisahkan dari kelenjar tiroid oleh kapsul-kapsul jaringan ikat. Kelenjar paratiroid terletak pada bagian belakang kelenjar tiroid. Terdapat dua kelenjar paratiroid dalam masing-masing lobus kelenjar tiroid.

 

  1. Kelenjar Pankreas (Langerhans)

Pankreas adalah organ pipih yang terletak dibelakang dan sedikit di bawah lambung dalam abdomen. Terdiri dari kepala dan badan ekor, yang memiliki dua fungsi endokrin dan fungsi eksokrin.

sumber

Sid Story v2.5.1 Apk for android

About the Author