Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran  

Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran  

Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran  

Adapun kelebihan menggunakan media dalam pembelajaran   antara lain:

  1. Bahan pelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga lebih jelas dipahami siswa sehingga memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
  2. Metode mengajar akan lebih bervariasi.
  3. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar
  4. Motivasi belajar dari para siswa dapat ditumbuhkan / dinaikkan
  5. Dapat mengatasi sifat pasif dari para siswa

Adapun kekurangan dalam penggunaan media dalam pengajaran   antara lain:

  1. Biaya pengadaan
  2. Pengalaman seorang guru dalam menggunakan media pengajaran tersebut.

Study Kasus

Bagaimana jika di suatu sekolah tidak memiliki media pembelajaran yang memadai, jelaskan solusinya ?

Jawaban :

Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran  

Dalam pembelajaran guru harus kreatif, meskipun tidak ada fasilitas yang memadai seorang guru harus mengusahakan dengan metode-metode pembelajaran dengan menggunakan media-media yang ada. Media yang mewah tidak menjamin lancarnya proses pembelajaran

Rangkuman

  1. Belajar adalah sebuah proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan terjadi seumur hidup, dari ayunan sampai ke liang lahat.
  2. Pada hakikatnya proses belajar mengajar itu merupakan proses komunikasi, baik komunikasi antara siswa dengan guru, komunikasi antar siswa, atau bahkan komunikasi antara siswa dengan lingkungan belajar.
  3. Menurut Santoso S. Hamidjojo, media adalah semua bentuk perantara yang dipakai orang penyebar idea, sehingga gagasannya sampai pada penerima.
  4. Menurut Mc Luhan, media adalah sarana yang disebut pula channel, karena pada hakikatnya media telah memperluas atau memperpanjang kemampuan manusia untuk merasakan, mendengar dan melihat batas-batas jarak, ruang dan waktu tertentu, kini dengan bentuan media batas-batas itu hampir menjadi tidak ada.
  5. Imansjah Alipande (2000 : 153) mengemukakan, “Alat bantu mengajar atau alat peraga adalah segala sesuatu yang dapat digunakan  dalam mengajar agar pengajaran dapat  berlangsung efektif dan efisien.
  6. Objek   itu abstrak sehingga memerlukan peragaan dengan alat pembelajaran  , materi   yang abstrak disajikan kedalam pendekatan yang lebih konkret, ada visualisasinya, serta manfaat dalam mempelajari materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Sementara menurut Murwani (1999), untuk membelajarkan   secara benar pada siswa mutlak harus menggunakan alat peraga untuk memudahkan siswa mengenal konsep‑konsep

Soal – soal

  1. Kenapa proses pembelajaran dikatakan proses komunikasi ?
  2. Jelaskan pengertian media?
  3. Apakah kondisi audiens merupakan pertimbangan untuk menentukan media yang akan digunakan?
  4. Kapan media pembelajaran dikatakan berhasil?
  5. Apa hubungan media dengan kefokusan dalam pembelajaran  ?
  6. Apakah tv termasuk media pembelajaran jelaskan?
  7. Kenapa  diperlukan alat pembelajaran?
  8. Jelaskan pengertian media pembelajaran  ?
  9. Tuliskan kelebihan media dalam pembelajaran?
  10. Tuliskan kekurangan media dalam pembelajaran?

BAB III

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Belajar adalah sebuah proses yang kompeks yang terjadi pada semua orang dan terjadi seumur hidup, dari ayunan sampai ke liang lahat. Salah satu tanda telah terjadinya proses belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada diri seseorang. Pada hakikatnya proses belajar mengajar itu merupakan proses komunikasi, baik komunikasi antara siswa dengan guru, komunikasi antar siswa, atau bahkan komunikasi antara siswa dengan lingkungan belajar. Media adalah semua bentuk perantara yang dipakai orang penyebar idea, sehingga gagasannya sampai pada penerima. Media sangat berperan penting dalam proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran  .

  1. Kritik dan saran

Diakui atau tidak, sekarang ini kebodohan masih menggelayut pada masyarakat kita. Perkembangan ilmu dan tekhnologi serta tipisnya jarak antara dunia maju dengan bangsa terbelakang akibat globalisasi, belum mampu mengubah bangsa ini menjadi bangsa yang cerdas dan berilmu.

sumber :

https://blog.fe-saburai.ac.id/sewa-bus-pariwisata-klaten/

About the Author