Kecerdasan Anak yang Perlu Diketahui

Kecerdasan Anak yang Perlu Diketahui

Siapa sih, yang tidak hendak anaknya cerdas? Satu urusan yang butuh Anda pahami, masing-masing anak mempunyai kecerdasan. Namun, kepintaran anak tidak sama. Ada anak yang kemampuannya terasah, sejumlah justru tidak tahu teknik memanfaatkannya.

Terlepas dari seluruh itu, mengenali kepintaran anak semenjak dini paling penting supaya Anda dapat mengarahkannya. Berikut ini tujuh kepintaran yang mungkin dipunyai anak.

Kecerdasan Logika

Kecerdasan logika dinilai dari teknik anak menuntaskan masalah. Ketika si kecil dapat mengingat tidak sedikit angka dalam masa-masa singkat, mungkin kepintaran ini melekat pada dirinya.

Tanda lainnya, yakni anak menyenangi segala sesuatu yang bersangkutan dengan ilmu alam dan matematika. Di samping itu, dia gemar memecahkan permasalahan dengan logikanya.

Mengasah keterampilan anak dengan kepintaran logika termasuk mudah. Anda dapat memberikannya permainan yang pemecahannya mesti menggunakan ilmu matematika atau logika. Misalnya, membelikan puzzle, balok bersusun, dan permainan monopoli.

Kecerdasan Linguistik

Anak kita suka bercerita atau tidak sedikit bicara? Artinya, anak memiliki kepintaran linguistik. Kecerdasan ini memacunya guna gemar membaca, menulis, dan memperhatikan orang beda berbicara. Kemampuannya dalam menghafal dan melafalkan kata paling tinggi.

Untuk menambah kecerdasannya, Anda dapat membacakan dongeng dan mengajaknya bermain huruf. Supaya jiwa kompetisinya pun terasah, Anda dapat memotivasi anak untuk mengekor lomba yang bersangkutan dengan bahasa, laksana story telling dan menyimak puisi.

Kecerdasan Kinestetik

Jika anak tidak dapat diam, tidak boleh langsung memarahinya. Pasalnya, karakter anak yang laksana ini menandakan kepintaran kinestetik. Anak cenderung tidak sedikit bergerak, tertarik pada olahraga, dan suka menari. Intinya, anak ini gemar menggarap sesuatu yang memerlukan gerakan anggota tubuhnya.

Kecerdasan Spasial

Kecerdasan anak yang satu ini mendorongnya guna berimajinasi tinggi. Imajinasi tersebut dituangkan lewat coretan, lukisan, gambar, dan berbagai format miniatur bangunan. Biasanya, anak dengan kepintaran spasial tidak jarang kali memenangkan lomba lukis atau mewarnai. Mengajaknya ke museum seni dan memberikan kitab gambar, adalahdua perbuatan yang dapat dilakukan untuk menambah kecerdasannya.

Kecerdasan Musikal

Ciri-ciri anak yang memiliki kepintaran musikal nyaris serupa dengan kinestetik. Namun, kepintaran musikal terbatas pada dunia musik semata. Umumnya, anak gemar menari, menyanyi, mudah menilik lirik lagu, dan mahir memainkan perangkat musik. Cobalah membelikannya gitar, pianika, atau piano supaya kecerdasannya meningkat. Siapa tahu, anak ini besok menjadi pemusik atau biduan terkenal.

Kecerdasan Interpersonal

Mudah beradaptasi dan punya tidak sedikit teman ialah karakteristik anak dengan kepintaran interpersonal. Dia suka menengahi bentrokan antara teman-temannya sehingga ingin dipilih menjadi pemimpin. Tidak tidak banyak orang yang menyenangi anak ini sebab keramahannya.

Banyak teknik mengasah kepintaran anak tipe ini, contohnya dengan mengajaknya bermain gobak sodor atau drama. Permainan gobak sodor akan merangsang andrenalin, rasa empati, dan inginkan bekerja sama. Sementara drama bisa melatihnya guna bersosialisasi dengan orang lain.

Kecerdasan Naturalis

Inilah jenis kepintaran anak yang jarang disadari orang tua. Anak dengan kepintaran naturalis tertarik pada hewan, tumbuhan, kebun, dan alam. Namun, banyak sekali orang tua tidak mengizinkan anak-anaknya guna mendekati hewan atau bermain di alam bebas. Alasannya, tubuh anak menjadi kotor andai bersentuhan dengan hal-hal tersebut.

Sumber : http://www.theonering.net/openads/www/delivery/ck.php?oaparams=2__bannerid=275__zoneid=15__cb=7668eedae7__oadest=http%3A//www.pelajaran.co.id

About the Author