John Amos Comenicu

  1. John Amos Comenicu

John Amos Comenicu merupakan orang pertama yang melakukan penelitian terhadap anak. Ia mengatakan bahwa anak merupakan individu yang sedang berkembang.

  1. Rousseau

Rousseau adalah seorang penganut Naturalis, mendasarkan ide-ide pendidikan berdasarkan prinsip-prinsip perkembangan menusia, Rousseau juga mengatakan pada dasarnya anak adalah baik.

  1. John Locke

John Locke seorang penganut paham empirisme mengatakan bahwa sewaktu individu lahir didalam jiwanya belum terdapat apa-apa, dan secara potensial jiwa dalam individu itu sentitif untuk melakukan impresi terhadap dunia luar dengan melalui belajar. Belajar melalui pengalaman dan latihan merupakan sumbangan terbesar dari John Locke dan tokoh-tokoh empirisme lainnya.

  1. John Heinrich Pestalozzi

John Heinrich Pestalozzi merupakan tohok yang menyarankan adanya penyelenggaraan pendidikan yang bersifat klasikal (rombongan).

About the Author