Inilah Yang Perlu Dilakukan Ketika Ingin Menjual Mobil Bekas

Jika Kalian hendak jual mobil bekas, ada sejumlah hal yang patut guna diperhatikan, salah satunya ialah dokumen mobil. Meskipun terbilang sepele, namun terkadang Kalian tak terlampau memerhatikannya, sampai-sampai harga jual mobil bekas menjadi turun. Bahkan, dalam sejumlah kasus kesudahannya proses jual mobil bekas mesti dibatalkan.

Dalam masing-masing proses jual mobil bekas atau beli mobil bekas, diperlukan persiapan yang lumayan matang. Hal yang terpenting dalam jual mobil bekas ialah kelengkapan surat-surat atau dokumen penunjang. Berikut ini adalahkelengkapan surat-surat atau dokumen mobil yang dibutuhkan ketika berkeinginan jual mobil bekas Kalian.

Periksa BPKB secara teliti dan rinci
Sebelum mengerjakan transaksi jual mobil bekas atau beli mobil bekas, urusan kesatu yang patut diacuhkan untuk kelengkapan dokumen ialah memeriksa Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) secara teliti dan rinci. Baca seluruh informasi yang tercantum pada halaman kesatu, kedua, dan ketiga. Setiap halaman di BPKB memuat segala sesuatu mengenai identitas mobil tersebut. Setelah itu, perhatikan pun No. BPKB dan No. registrasi Polda.

Untuk Informasi, Ada dua tampilan BPKB yang bertolak belakang menurut tahun, berikut ialah perbandingan nya:

  • BPKB Lama (tahun 2008 ke bawah)
  • Berwarna biru
  • 22 eksemplar halaman
  • Nomor BPKB tercetak timbul di pojok kanan atas
  • Ada kode huruf di akhir nomor BPKB
  • Tidak terdapat nomor KTP pada halaman data pemilik
  • BPKB Baru (tahun 2009 ke atas)
  • Berwarna coklat kehijuan
  • 20 eksemplar halaman
  • Nomor BPKB tercetak vertikal di sisi kanan
  • Tidak terdapat kode huruf di akhir nomor BPKB
  • Nomor KTP empunya pada halaman data pemilik
  • Untuk mengetahui kemurnian BPKB, seluruh BPKB baik lama maupun baru ada hologram gambar Tri Brata Polri dan benang hologram pada halaman BPKB yang terlihat dengan memakai sinar ultra violet.

Periksa STNK dan Lembar Pajak
Pada sudut kanan atas eksemplar STNK ada No. STNK, tanggal pengesahan, dan pejabat kepolisian yang bertanda tangan. Pastikan bila nomor STNK dan tahun pengesahannya sama. Kemudian, simaklah lembaran pajak secara teliti. Pajak yang dibayarkan bakal divalidasi oleh Samsat, di mana ada penulisan masa-masa mulai dari jam pembayaran, tanggal pembayaran, dan jumlah pajak terbayar.

Periksa Faktur, VIN/NIK
Faktu adalahsurat bermunculan kendaraan. Faktur wajib dipunyai oleh empunya kendaraan yang baru. Faktur diciptakan empat rangkap oleh ATPM. Satu eksemplar faktur dipegang oleh diler sebagai bukti penerimaan kendaraan dari produsen (pabrikan), satu eksemplar dipegang oleh empunya sebagai tanda bukti pembelian dan kepemilikan mobil baru, dan dua lembar di berikan ke kepolisian sebagai dasar penulisan BPKB.

Masing-masing faktur tak dapat dipindahkan kepemilikannya, sebab tertulis dengan jelas destinasi faktur tersebut. Faktur menjadi surat terpenting, karena andai hilang bakal menurunkan harga pasaran mobil secara otomatis. Jika memang diurus tetap bisa, namun prosesnya paling merepotkan dan tak bakal mendapatkan faktur asli laksana semula, melulu fotokopi faktur yang dilegalisir oleh pihak kepolisian.

Form A
Surat ini berlaku guna mobil yang berstatus mobil import. Form A ini dipakai untuk mengurus STNK dan BPKB. Form A ialah bukti legal bahwa bea masuk dan pajak mobil itu telah ditunaikan dan dilunasi.

Memang agak sulit saat pengurusan mula mobil import ini di bea cukai, namun tersebut semua demi ketenteraman dan kenyamanan berkendara di dalam negeri.

Bagi anda pemilik mobil import, pastikan bahwa Form A ini selalu kamu jaga. Tanpa Form A ini maka mobil kamu tidak bakal aku atau bahkan tidak dapat dijual. Tidak tidak banyak proses transaksi jual- beli mobil import gagal sebab tidak adanya Form A ini.

Lakukan Pengecekan Fisik di Polda
Setelah seluruh berkas dokumen telah dilengkapi, maka tahapan selanjutnya yang mesti dilakukan ialah melakukan pemeriksaan fisik. Pastikan bila nomor rangka, nomor mesin, dan warna cat mobil tercantum sama laksana yang ada di BPKB dan STNK.

Kuitansi Kosong & Fotocopy KTP Pemilik
Kuitansi kosong seringkali diminta oleh pembeli guna mempermudah proses balik nama. Kuitansi ini wajib bilamana pembeli berencana untuk memasarkan lagi kendaraan untuk pihak lain, misalnya ketika anda jual mobil bekas ke showroom mobil bekas.

Kuitansi kosong seringkali dibuat 2 eksemplar yaitu:

  • 1 eksemplar kuitansi kosong dengan tanda tangan empunya kendaraan cocok BPKB
  • 1 eksemplar kuitansi kosong dengan materai dan tanda tangan empunya kendaraan cocok BPKB
  • Fotocopy KTP empunya yang tertera di BPKB juga seringkali diperlukan guna kelengkapan biodata empunya terakhir kendaraan. Dokumen ini bermanfaat untuk mencocokkan sekian banyak informasi laksana alamat, nomor KTP, dan tanda tangan empunya pada kuitansi.

Surat Jual-Beli
Dalam pekerjaan jual mobil bekas atau beli mobil bekas tentunya telah hal yang umum guna pengadaan surat perjanjian antara kedua belah pihak. Terutama jual mobil bekas atau beli mobil bekas antar pribadi (perorangan).

Surat perjanjian ini tidak jauh bertolak belakang dengan perjanjian transaksi jual beli barang yang lain. Surat perjanjian jual mobil bekas dan beli mobil bekas memiliki faedah di antaranya sebagai berikut:

  • Memastikan bahwa penjual ialah pemilik yang sah dari mobil yang diperjualbelikan.
  • Memastikan pemindahan hak atau kepemilikan mobil itu terjadi sesudah adanya pembayaran.
  • Memastikan cara pembayaran yang baik dan benar.
  • Menghindari komplain atau gugatan dari pembeli diluar perjanjian yang telah diciptakan dan disepakati.

Demikian ulasan tentang dokumen – dokumen yang berkeinginan Kalian siapkan sebelum jual mobil bekas kesayangan. Sangat dianjurkan sebelum jual mobil bekas, persiapkan dokumen selengkap mungkin supaya proses jual mobil bekas atau beli mobil bekas Kalian berlangsung lancar. Di samping itu supaya jual mobil bekas Kalian tidak jatuh harganya, Kalian pun harus menyimak media tempat anda jual mobil bekas kesayangan.

Tentukan media yang tepat guna jual mobil bekas
Bagi tidak sedikit orang, jual mobil bekas ialah hal yang terasa paling sulit. Apalagi bila Kalian masih pemula dalam bidang ini. Tanpa strategi yang tepat, mobil lama dapat tidak laku-laku. Harganya semakin lama semakin turun, sementara ongkos perawatan semakin besar. Menghadapi kondisi ini, tidak sedikit orang kesudahannya menyerah. Mereka jual mobil bekas murah dengan dalil “yang urgen laku”.

Kalian barangkali bertanya-tanya, bagaimana sebenarnya teknik jual mobil bekas? padahal situasi mobil baik, harga juga tidak dibanderol terlampau tinggi, kok dapat tidak terdapat yang inginkan beli? Kalau situasinya laksana ini, bisa jadi besar masalahnya terdapat pada strategi pemasaran yang tidak cukup tepat. Iklan yang Kalian pasang tidak cukup efektif, tidak mencapai calon pembeli potensial.

Kalau hendak iklan jual mobil bekas Kalian unik perhatian tidak sedikit sasaran pembeli, jangan melulu mengandalkan satu media saja ya, Kalian ! Kalian dapat memasang iklan di sejumlah media jual mobil bekas, yakni sebagai berikut.

Jual mobil bekas dengan iklan sendiri

Iklan Mobil
Iklan jual mobil bekas sendiri ialah iklan yang Kalian pasang di mobil yang bakal dijual, dapat dengan artikel “dijual” atau “for sale”. Kalian dapat memasang lebih dari satu tanda di mobil tersebut. Saat jual mobil bekas, berikan informasi yang relevan tentang situasi mobil, beri penekanan pada kelebihan mobil tersebut.

Saat jual mobil bekas, sesudah memasang tanda, tempatkan mobil di lokasi yang gampang terlihat, namun pastikan tetap aman dan terlindungi. Jangan hingga terlewatkan, cantumkan no telepon atau orang yang sudah ditunjuk guna berkomunikasi dengan calon pembeli. Kalau terdapat orang berminat, mereka bakal tahu bagaimana metodenya menghubungi Kalian.

Iklan Media Cetak
Meski popularitas media cetak telah mulai menurun, tetapi Iklan jual mobil bekas di media cetak masih sering dipakai hingga ketika ini. Banyak orang memang masih merasa lebih nyaman untuk menyimak koran daripada mesti memegang gadget guna mengikuti pelbagai berita. Inilah yang menciptakan iklan baris masih tidak jarang digunakan, salah satunya guna memasang iklan jual mobil bekas.

Kalau menciptakan iklan baris mengenai jual mobil bekas, pastikan Kalian paham teknik menyebutkannya. Iklannya mesti singkat, padat, dan jelas. Setidaknya iklan itu harus memuat tipe mobil, tahun produksi, wilayah di mana mobil tercatat (jika korannya nasional), situasi mobil (misalnya, baik atau mulus), warna, dan nomor telepon Kalian. Jual mobil bekas lewat iklan di internet

Media Online
Media iklan berikutnya yang mesti Kalian manfaatkan ialah internet. Sekarang ini, internet telah menjadi unsur hidup tidak sedikit orang. Banyak calon pembeli menggali mobil yang mereka mau di internet. Sangat rugi bila Kalian tidak inginkan memanfaatkan pertumbuhan teknologi ini.

Iklan lewat internet sendiri dapat dilakukan dengan sekian banyak cara. Cara jual mobil bekas online yang kesatu ialah dengan menciptakan situs sendiri. Kedua dapat dengan media sosial, dan yang ketiga, pasang iklan melewati situs jual beli mobil. Marketplace ialah situs besar dengan tidak sedikit pengunjung dan tidak jarang dijadikan rujukan jual beli mobil. Karena itu, pasang iklan di situs-situs tersebut dapat sangat efektif dan mesti Kalian coba.

Sumber : https://bit.ly/35IBXwQ

About the Author