Inilah Perbedaan Mesin Mobil Diesel dan Mesin Mobil Bensin

Momen melakukan pembelian mobil bekas biasanya dihadapkan dengan sekian banyak pertimbangan. Salah satu pertimbangan yang lumayan membingungkan ialah memilih mobil mesin diesel atau mobil mesin bensin. Keduanya sama sama memiliki kelebihan yang baik dan tidak merugikan. Hingga ketika ini, mobil mesin diesel atau mobil mesin bensin mana yang lebih baik dan mana yang lebih buruk masih sekedar selera dari setiap konsumen. Namun, ada sejumlah perbedaan yang perlu anda ketahui, yuk simak di bawah ini.

Bahan bakar
Perbedaan fundamental dari mesin mobil diesel dan mesin mobil bensin terletak pada jenis bahan bakar yang digunakannya. Mesin mobil diesel memakai solar, sementara mesin mobil bensin pasti saja memakai bensin.

Performa Mesin
Perbedaan beda dari mesin mobil diesel dan mesin mobil bensin terletak pada performanya. Dari segi performa, mesin mobil diesel lebih unggul dikomparasikan mesin bensin. Mesin mobil diesel seringkali mempunyai torsi yang paling besar. Sedangkan mesin mobil bensin lebih unggul pada akselerasi dan tenaganya yang responsif. Mengapa?

Pada mesin mobil bensin, proses pembakaran memakai busi. Campuran udara dan bensin yang dikompresi ini dihanguskan menggunakan cipratan api dari busi. Nah, sementara pada mesin mobil diesel proses pembakaran tidak memakai busi tetapi menggunakan sistem kompresi mesin. Oleh sebab itu, mesin mobil diesel sering pun disebut compression ignition engine sementara mesin bensin dipanggil spark ignition engine.

Efisiensi BBM
Jika disaksikan dari efisiensi, mesin mobil diesel ingin jauh lebih tepat guna daripada mesin mobil bensin. Hal ini diakibatkan oleh kompresi mesin yang tinggi pada mesin diesel guna menghasilkan torsi yang besar. Kompresi mesin yang tinggi pun bakal menghasilkan panas yang lebih sedikit, sampai-sampai lebih efisien.

Namun baik mesin mobil diesel dan mobil mesin bensin sama-sama mempunyai efisiensi yang baik. Tidak barangkali produsen mobil yang merugikan anda bukan? Tapi ingat, supaya mobil selalu tepat guna selalu kerjakan perawatan secara rutin dan pakai selalu BBM yang dianjurkan.

Keamanan
Mobil mesin diesel di era canggih sudah dilengkapi teknologi modern yang memerlukan sistem kelistrikan yang memadai. Meskipun tahan terhadap banjir, usahakan pengemudi tetap waspada. Jangan menerjang banjir dengan kecepatan tinggi sebab air tetap dapat masuk ke dalam mesin. Apalagi mesin mobil mesin bensin, dimana tidak sedikit komponen kelistrikan yang bakal fatal akibatnya andai terendam air laksana busi, ECU dan komponen lainnya.

Di samping itu, sifat bahan bakar mobil bensin tergolong yang gampang terbakar. Oleh sebab itu, bilamana ada kebocoran tidak banyak di selang bensin tentunya bisa membahayakan pengemudi mobil. Potensi mesin bensin terbakar lebih besar dikomparasikan dengan diesel.

Kesimpulan
Nah dari sejumlah perbedaan di atas, baik mesin mobil diesel maupun mesin mobil bensin ternyata memiliki kekurangan dan keunggulan sendiri. Apa saja itu? Mari simak sejumlah perbedaan keunggulan dan kekurangan mobil mesin diesel dan mobil mesin bensin di bawah ini.

Kelebihan mesin mobil bensin
Akselerasi mesin lebih responsif dan minim polusi
Suara mesin halus
Mudah guna memahami fenomena kerusakan mesin bensin
Pilihan mobil lebih banyak
Kekurangan mesin mobil bensin
Torsi maksimal didapat di putaran mesin tinggi
Mesin lebih rentan andai menerobos banjir atau terendam air.
Jika memakai bensin tidak cocok oktan yang dianjurkan, rentan terhadap fenomena knocking mesin.

Kelebihan mesin mobil diesel
Torsi mesin mobil diesel paling besar
Jauh lebih hemat BBM ketimbang mesin mobil bensin
TIdak perlu cemas menerobos banjir / terendam air sebab komponen kelistrikan di mesin sedikit
Mesin lebih duratif ketimbang mesin mobil bensin (jika diasuh dengan baik).

Kekurangan mesin mobil diesel
Suara mesin mobil diesel tidak sehalus mesin mobil bensin.
Jika komponen injektor diesel terendam air, mobil lebih susah diperbaiki.
Akselerasi mobil diesel lambat. Namun kini, pabrikan sudah tidak sedikit mengaplikasi turbocharger untuk mendapat tenaga spontan.
Pajak lumayan tinggi, sebab kapasitas mesin diesel yang lebih banyak ketimbang mesin mobil bensin.

Sumber : http://ow.ly/IPom50zAmgg

About the Author