Informasi yang tidak sempurna (incomplete information)

   Informasi yang tidak sempurna (incomplete information)

Dalam suatu pembelian tidak jarang kita temui barang yang akan kita beli tidak dapat kita lihat terlebeih dahulu. Kita harus membayar terlebih dulu untuk dapat melihatnya. Situasi seprti ini yang dapat menyebabkan distorsi pasar. Sebagai contoh apabila kita membeli baju secara online. Di situs pembelian tersebut terdapat gambar dari baju yang dijual dengan spesifikasi yang sudah tertera. Namun, ketika baju tersebut sampai ke tangan kita ternyata baju yang kita beli tidak sesuai deskripsi yang ada di situs tersebut. Hal tersebut merupakan kegagalan pasar.

  1. Daya monopoli (monopoly power)

Dalam pasar persaingan sempurna terdapat banyak pedagang kecil yang secara individu tidak dapat mempengaruhi pasar. Dalam situasi seperti ini pasti ada pedagang besar yang dapat mempengaruhi pasar. Pedagang besra ini dapat mengontrol produksinya dimana ia menekan jumlah produksi sehingga dapat dijual dengan harga yang lebih mahal.

Sebagai contoh adalah dalam sebuah pasar banyak pedagang tempe. Hanya satu pedagang yang memiliki pabrik tempe sendiri. Pedagang lain mau tidak mau akan membeli dari pedagang tersebut. Pedagang tersebut dapat mengontrol jumlah tempe yang diproduksi sehingga jumlah barang tersebut sedikit sedangkan permintaan tetap sehingga harga tempe tersebut naik.

  1. Eksternalitas (externality)

Keuntungan atau kerugian yang dinikmati atau diderita pelaku ekonomi sebagi akibat tindakan pelaku ekonomi yang lain, tetapi tidak dapat dimasukkan dalam perhitungan biaya secara formal.[18]

  1. Barang publik (public goods)

Barang publik ini terkadang hanya dapat dipertukarkan secara private yakni barang rival dan barang eksklusif.

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa dalam mekanisme pasar memungkinkan adanya distorsi pasar. Peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam mengatasi hal ini. Berikut adalah tujuan intervensi pemerintah menurut Pindyck dan Rubinfield:

  1. Menjamin agar kesamaan hak bagi setiap individu dapat tetap terwujud dan eksploitasi dapat dihindarkan.

 

Sumber :

https://nomorcallcenter.id/

About the Author