Fungsi kurikulum bagi orang tua murid.

Fungsi kurikulum bagi orang tua murid.

Maksudnya orang tua dapat turut serta dalam memajukan putra putrinya, bantuan orang tua ini dapat melalui konsultasi langsung sedangkan sekolah atau guru dana dan sebagainya.

6. Fungsi kurikulum segi sekolah pada tingkatan diatasnya.

Ada dua jenis yang berkaitan dengan fungsi ini yaitu pemeliharaan keseimbangan proses pendidikan dan penyiapan tenaga guru.
7. Fungsi kurikulum bagi masyarakat dan pemakai lulusan sekolah.
Sekurang-kurangnya ada dua hal yang bisa dilakukan dalam fungsi ini yaitu pemakai lulusan ikut memberikan bantuan guna memperlancar pelaksanaan program pendidikan yang membutuhkan kerja sama dengan pihak orang tua atau masyarakat dan ikut memberikan kritik dan saran yang membantu dalam rangka menyempurnakan progam pendidikan disekolah agar bisa lebih serasi dengan kebutuhan masyarakat dalam bekerja.[11]
D. Ruang Lingkup kurikulum
1. Silabus
Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar. Silabus harus disusun secara sistematis dan berisi komponen-komponen yang saling berkaitan untuk memenuhi target pencapaian Kompetensi Dasar.
Silabus berisi jawaban dari pertanyaan berikut:
a. Kompetensi apayang akan dikembangkan pada anak didik?
b. Bagaimana cara mengembangkan kompetensi tersebut pada diri anak didik?
c. Bagaimana cara mengetahui bahwa kompetensi tersebut telah dikuasai anak didik?[12]
2. Perencaaan Semester
Perencanaan semester merupakan program pembelajaran yang berisi jaringan-jaringan tema yang ditata secara urut dan sistematis, alokasi waktu yang diperlukan untuk setiap jaringan tema dan sebarannya kedalam semester 1 dan 2.
Langkah-langkah penyusunan program semester:
a. Pelajari dokumen kurikulum, yakni kerangka dasar dan standar kompetensi.
b. Pilih tema yang dapat mempersatukan kompetensi-kompetensi tersebut untuk setiap kelompok dalam satu semester.[13]

ยท Tema
Tema merupakan alat atau wadah untuk mengenalkan berbagai konsep kepada anak didik secara utuh. Dalam pembelajaran, tema diberikan dengan maksud menyatukan isi kurikulum dalam satu kesatuan yang utuh, memperkaya perbendaharaan anak didik, dan membuat pembelajaran lebih bermakna. Penggunaan tema dimaksudkan agar anak mampu mengenal berbagai konsep secara mudah dan jelas.

Sumber: https://veragibbons.com/alasan-bisnis-tidak-bisa-lepas-dari-ancaman-siber/

About the Author