CIRI CIRI DEMOKRASI LIBERAL

CIRI CIRI DEMOKRASI LIBERAL

CIRI CIRI DEMOKRASI LIBERAL

CIRI CIRI DEMOKRASI LIBERAL

Demokrasi liberal memiliki beberapa ciri-ciri jika diterapkan di dalam suatu pemerintahan. Berikut adalah beberapa ciri dari demokrasi liberal.

1. PAHAM YANG DIGUNAKAN ADALAH PAHAM DEMOKRASI

Ciri pertama dari demokrasi liberal adalah memakai paham demokrasi di dalam menjalankan pemerintahan. Paham demokrasi tersebut kemudian akan dituangkan ke dalam konstitusi yang digunakan. Sehingga hukum dapat berjalan dengan baik sesuai dengan paham demokrasi dan Undang Undang yang ada.

2. TERDAPAT PERWAKILAN RAKYAT

Di dalam sistem demokrasi liberal ada yang namanya perwakilan dari rakyat. Sehingga, rakyat atau perwakilannya memiliki peran yang penting dalam menjalankan sebuah Negara. Hal ini sekaligus dapat membatasi para penguasa dari segi kekuatannya. Sehingga, penguasa tidak akan bisa bertindak sewenang-wenang menurut kehendaknya sendiri.

3. ADANYA PEMBATASAN KEKUASAAN PENGUASA

Sebagaimana ciri sebelumnya, karena adanya peran rakyat dalam pemerintah. Maka kekuasaan penguasa menjadi terbatas. Semua pengambilan keputusan harus benar-benar berdasarkan kepada suara rakyat, bukan suara penguasa.

4. KONSENTRASI KEKUASAAN TIDAK HANYA SATU TITIK SAJA

Kekuasaan sebuah Negara di dalam sistem demokrasi liberal tidak hanya berada pada satu titik saja. Melainkan beberapa titik. Hal ini memang relatif berbeda jika dibandingkan dengan pemerintahan presidensial yang fokus pemerintahannya ada pada satu titik. Adanya konsentrasi kekuasaan yang tidak satu titik ini menjadikan pengambilan keputusan lebih lambat.

5. PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERDASARKAN KEPADA MAYORITAS

Ciri lain dari demokrasi liberal adalah pengambilan suatu keputusan didasarkan kepada mayoritas. Sehingga, keputusan mayoritas tersebut harus diterima oleh semua elemen. Dan tidak ada yang bisa menolak karena sudah menjadi aturan yang demikian itu.


Baca Juga :

About the Author