BANDARA SULTAN HASANUDDIN

BANDARA SULTAN HASANUDDIN

BANDARA SULTAN HASANUDDIN

BANDARA SULTAN HASANUDDIN

Terletak di kota Makassar

provinsi Sulawesi Selatan membuat Bandara Internasional Sultan Hasanuddin menjadi int gerbang baik dari maupun menuju ke Indonesia bagian timur. Bahkan, Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin menjadi salah satu landmark dari Provinsi Sulawesi Selatan yang juga dibanggkan oleh masyarakat sekitar.

Nama dari Bandar Udara Sultan Hasanuddin diambil dari nama Raja Gowa Ke 16 yang juga diangkat sebagai pahlawan nasional. Raja tersebut kelahiran kota Makassar dan ikut membela Indonesia kala itu. Beliau adalah Sultan Hasanuddin. Dan untuk menghormati beliau, namanya diabadikan sebagai nama bandara di kota kelahirannya.

Dikenal juga dengan Lapangan Terbang Kadieng, persis 30 km dari Kota Makassar, Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin memiliki 2 landasan pacu. Landasan pacu pertama memiliki panjang 3100 m x 45 m dan landasan pacu kedua memiliki panjang 2500 m x 45 m. Bandara megah tersebut di operasikan oleh PT Angkasa Pura I.

Proses pengembangan dan perluasan dari Bandara Sultan Hasanuddin dilakukan pada awal 2004. Pengembangan yang dilakukan ialah terminal penumpang dengan kapasitas yang besar yaitu 7 juta orang penumpang per tahunnya, lapangan parkir pesawat (apron) dengan kapasitas pesawat sebanyak 7 dan berbadan lebar.

Pengembangan dan perluasan tersebut juga mencakup landasan pacu dengan panjang 3100 m x 45 m beserta taxiway. Terminal baru di operasikan mulai tanggal 4 agustus 2008 menggunakan landasan pacu yang sudah terpakai sementara landasan pacu yang baru masih dalam pengerjaan. Pembangunan tersebut membuat bandar udara internasional Sultan Hasanuddin semakn megah.

Pada akhir tahun 2011, perpanjangan landasan tahap 2 yang semula 3100 meter menjadi 3500 meter dilaksanakan guna agar mampu untuk didarai pesawat seperti Boeing 747 yang berbadan lebar. Saat ini, Banda Udara Internasional Sultan Hasanuddin telah mengoperasi kan lapangan parkir pesawat (apron) baru, landasan pacu yang paling baru dan juga sebuah taxiway.


Sumber: https://www.thorhammer.co.id/dragon-ball-z-apk/

About the Author