Aristoteles membedakan 2 hal

Aristoteles membedakan 2 hal

  1. hule (noes phateticos) : yaitu bahan yang harus dibentuk.
  2. Morphe (noes poesticos) : yang membentuk.

Benda dialam ini tidak tumbuh begitu saja, tetapi dikembangkan menjadi sesuatu kearah yang sempurna.

Menurut Aristoteles, Tumbuhan, hewan, manusia mempunya jiwa (anima, vegetativa, sensitiva, dan intelektiva), dalam hal ini pandangannya sama dengan gurunya (plato). Selanjutnya Aristoteles membedakan tiga macam form, yaitu: Plant, yang mengontrol fungsi-fungsi vegetatif; Animal, dapat dilihat dalam fungsi-fungsi seperti: mengingat, mengharap, dan persepsi; Rasional, yang memungkinkan manusia malakukan penalaran (reasoning) dan membentuk konsp-konsep. Khusus pada manusia, dorongan untuk tumbuh ini berbentuk dorongan untuk merealisasikan diri (self realization) yang disebut entelechi.

Selain beberapa tokoh diatas, terdapat beberapa ahli yang turut memberikan andil dalam perkembangan Psikologi Pendidikan. Beberapa ahli melakukan pengujian pengklasifikasian dan penilaian pertimbangan terhadpa metode-metode pendidikan yang telah dilakukan beberapa adbad sebelum lahirnya psikologi pada akhir tahun 1800’an. Berikut ini beberapa ahli yang turut andil dalam perkembangan psikologi pendidikan baik dari segi filsafat, pendidikan maupun psikologi.

  1. Democritus

Democritus merupakan filsuf pertama yang menekankan pentingnya pengaruh lingkungan dan suasana rumah terhadap perkembangan kepribadian seseorang sehingga lingkungan dan suasana rumah perlu dibina sebaik mungkin supaya suasana menjadi kondusif bagi perkembangan anak.

https://carbomark.org/league-of-masters-apk/

About the Author