APTIKOM

APTIKOM

APTIKOM

APTIKOM
APTIKOM
Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer atau yang sering dikenal dengan APTIKOM.Bermula pada tahun 1983 yaitu ketika 8 (delapan) perguruan tinggi penggagas pendirian program studiedudi informatika dan komputer membentuk sebuah forum yang diberi nama BKS PERTINIS I-K, merupakan kepanjangan dari Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Sejenis Ilmu Komputer.
Dengan berjalannya waktu dan berkembang pesatnya ilmu komputer dan informatika ini, anggotanya melonjak menjadi 78 anggota pada tahun 1987. Puncaknya adalah pada tahun 1996, ketika BKS PERTINIS I-K berubah nama menjadi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer atau disebut PERTIKOM, dengan jumlah anggota lebih dari 250 program studi dari seluruh wilayah di Indonesia.
Kemudian PERTIKOM merubah namanya menjadi APTIKOM pada Munas 2002 di kota Malang dengan jumlah anggota lebih dari 725 program studi.
Asosiasi ini menghimpun perguruan tinggi informatika dan komputer diseluruh Indonesia yang berusaha untuk menyelesaikan masalah dan tantangan yang dihadapi oleh para anggotanya yang dicetuskan melalui pemikiran, usulan, diskusi dan pembahasan serta berusaha untuk menyelesaikan masalah yang dihadapai.
Terbentuknya APTIKOM didasari oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi dalam era informasi dan globalisasi, pendidikan tinggi, khususnya dalam bidang studi informatika dan komputer merupakan motor dan sumber penghasilan tenaga intelektual yang sangat berpengaruh untuk berperan didalam kancah yang telah dilanda keterbukaan dan  nirbatas dewasa ini. Tuntutan berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi sejalan dengan perkembangan, turut memberikan tantangan, kesempatan dan mendorong berkembang pesatnya berbagai pendidikan tinggi ilmu informatika dan komputer di Indonesia.
Dengan adanya alasan itulah Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer dibentuk.

About the Author