zaman logam

Zaman Logam dan Pembagian Zaman Logam

Pengertian Zaman Logam

Definisi zaman logam adalah era yang ditandai oleh kemampuan waktu untuk membuat alat-alat logam. Kemampuan manusia untuk membuat alat dan benda logam menunjukkan bahwa budaya manusia terus tumbuh, terutama dalam kaitannya dengan Zaman Batu.

Namun, pada saat itu, alat-alat batu tidak ditinggalkan sama sekali.

Membuat alat-alat logam lebih mudah diucapkan daripada batu. Untuk menghasilkan alat-alat batu, batu harus dihancurkan, diratakan atau dihancurkan. Produksi alat-alat logam pertama terdiri dari peleburan logam. Kemudian, cairan logam ditempatkan di cetakan alat yang akan dibangun. Proses pembuatan alat-alat logam membuktikan penguasaan teknologi. Karena itu, zaman logam ini sering disebut jaman perundagian.

Pembagian usia logam :

1. usia perunggu

Definisi Zaman Perunggu adalah zaman ketika orang menggunakan tembaga sebagai bahan untuk membuat alat yang memenuhi kebutuhan hidup mereka.

2. usia perunggu

Memahami Zaman Perunggu adalah zaman orang yang membuat alat perunggu. Alat Zaman Perunggu ini termasuk kapak, nekara dan moko. Kapak corong memiliki bentuk corong, potongan dipotong menjadi corong yang dimasukkan dengan pegangan kayu yang melekat pada area kapak. Kapak corong sering disebut kapak sepatu karena kapaknya seperti sepatu dan tubuhnya setara dengan kapak manusia. Nekara adalah benda perunggu dengan wajah medial dan wajah tertutup. Di pulau Alor, Nusa Tenggara, nekara disebut moko. Moko adalah bentuk nekara yang lebih kecil.

3. usia zat besi

Memahami Zaman Besi adalah zaman ketika orang membuat alat dengan melebur besi dari bijih lalu menuangnya ke dalam cetakan yang akan dibangun.

Membuat alat-alat besi lebih sempurna daripada tembaga atau tembaga. Alat atau benda yang diproduksi di Zaman Besi ini termasuk kapak dan ujung tombak.

Untuk diskusi tentang pemahaman ahli tentang konsep usia logam dan pembagian usia logam, dimungkinkan untuk memahami artikel tentang pemahaman konsep-konsep waktu Logam dan pembagian logam usia logam bermanfaat.

Karakteristik – Karakteristik usia logam

Setelah membahas usia logam, Anda akan lebih memahami usia logam. Berikut adalah karakteristik zaman logam yang perlu Anda ketahui.

  • Kegiatan komersial berkembang lebih cepat selama periode ini, ketika pertukaran antar pulau terjadi, bahkan antara pulau-pulau Indonesia dan Asia Tenggara, melalui sistem pertukaran. Sistem perdagangan adalah sistem perdagangan yang menggunakan pertukaran komoditas di mana produk dapat dalam bentuk koin, mutiara, rempah-rempah, kayu, moko dan timah.
  • Pada saat ini, penguburan berlangsung dalam dua cara, secara langsung dan tidak langsung. Penguburan langsung dilakukan dengan mengubur mayat langsung ke tanah atau dengan meletakkannya di peti di bawah tanah. Pada saat yang sama, penguburan tidak langsung dilakukan dengan mengubur mayat di tanah atau di peti kayu berbentuk perahu. Namun, begitu tubuh menjadi bingkai, tatanan didirikan dan dibersihkan, kemudian dikubur dalam toples atau kuburan batu.
  • Mahir dalam perawatan logam, terlihat dari peninggalan berdasarkan logam seperti cincin, kalung, anting-anting, gelang, gelang kaki, lilin, patung perunggu, kapak corong dan nekara.
  • Budaya semakin tinggi dan lebih tinggi.
  • Kemajuan juga telah dicapai dalam pertanian, berkat sistem persawahan yang efisien dan lebih efisien.

Sumber: https://apartemenjogja.id/diamo-xl-10-apk/

About the Author