Rhenald Kasali Kenalkan Konsep Pendidikan 'Sentra Inspiring School'

Rhenald Kasali Kenalkan Konsep Pendidikan ‘Sentra Inspiring School’

Rhenald Kasali Kenalkan Konsep Pendidikan ‘Sentra Inspiring School’

Rhenald Kasali Kenalkan Konsep Pendidikan 'Sentra Inspiring School'
Rhenald Kasali Kenalkan Konsep Pendidikan ‘Sentra Inspiring School’

Founder Rumah Perubahan sekaligus Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia, Rhenald Kasali, memiliki kekhawatiran terkait metode pendidikan di Indonesia yang kian tertinggal zaman. Menurut Rhenald, pendidikan menjadi poin penting yang tidak pernah bisa berhenti berkembang.

Apa dampaknya? Tentunya anak menjadi kesulitan

untuk menggali potensi diri. Bahkan yang paling parah, anak tidak mampu menemukan jalan keluar dari masalah hidup yang menghampiri.
Kekhawatiran Rhenald itu ia tulis dalam sebuah buku yang baru saja diluncurkan berjudul ‘Sentra Inspiring School: Membangun Kecerdasan Anak Sejak Usia Dini Demi Masa Depan Cemerlang’. Lewat buku tersebut, Rhenald mengajak agar Indonesia mengubah metode pendidikan, dari metode konvensional menjadi Metode Sentra.
Puncurkan Buku Sentra

Peluncuran Buku ‘Sentra’ Karya Rhenald Kasali (tengah) di FX Senayan,

Jakarta Selatan, Jumat (13/12). Foto: Darin Atiandina/kumparan
Apa, sih, Metode Sentra? Singkatnya, Metode Sentra mengangkat konsep pendidikan non-direct teaching. Jadi, proses belajar anak dilakukan melalui aktivitas bermain yang didesain untuk menstimulasi perkembangan otak anak.
Rhenald mengatakan, selama ini, metode pendidikan konvensional kerap mengabaikan proses belajar yang menyenangkan. Metode yang selama ini digunakan hanya menitikberatkan pada ‘pokoknya anak harus bisa Calistung (baca, tulis, hitung), bagaimana pun caranya’.

“Hanya fokus pada calistung membuat pembentukan watak anak terabaikan.

Tidak dibangun dari dasar. Padahal, hal ini sangat menentukan sikap mereka ketika dewasa,” kata Rhenald saat peluncuran buku di FX Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (13/12).
Rhenald Kasali di Plaza Senayan
Rhenald Kasali di Plaza Senayan. Foto: Moh Fajri/kumparan
Kebalikan dari konvensional, Metode Sentra menawarkan konsep pendidikan anak dengan suasana yang menyenangkan. Sehingga, anak bisa belajar dengan optimal.
“Kami merasa inilah metode yang tepat untuk mendidik anak. Sebab, pendidikan seharusnya menyenangkan, bukan membuat anak stres dan terbebani,” kata Rhenald.
Dalam Metode Sentra, proses belajar mengajar disesuaikan dengan tahap perkembangan setiap anak. Tujuannya, agar dapat mengembangkan semua titik kecerdasan (multiple intelligence) dan keterampilan hidup anak

 

Sumber :

https://www.kakakpintar.id/

About the Author