Proses Pembentukan Harga Saham

Proses Pembentukan Harga Saham

Proses Pembentukan Harga Saham

Proses Pembentukan Harga Saham
Proses Pembentukan Harga Saham

Seperti disampaikan sebelumnya bahwa mekanisme perdagangan di BEJ menggunakan prinsip lelang. Jika kita mengikuti suatu lelang, maka proses tawar menawar yang terjadi pada sistem lelang adalah upaya untuk menemukan 2 penawaran pada satu titik temu yaitu bertemunya harga penjualan terendah dengan harga pembelian tertinggi. Karena sistem komputer tersebut terus mengurutkan penawaran jual dan beli maka disebut lelang secara terus-menerus atau berkelanjutan.

Perubahan Harga Saham

Harga sebuah saham dapat berubah naik atau turun dalam hitungan waktu yang begitu cepat. Ia dapat berubah dalam hitungan menit bahkan dapat berubah dalam hitungan detik. Hal tersebut dimungkinkan karena banyaknya order yang dimasukkan ke system JATS. Di lantai perdagangan BEJ terdapat lebih dari 400 terminal komputer dimana para pialang dapat memasukan order yang dia terima dari nasabah.

Masuknya order-order tersebut baik jual maupun beli akan berpotensi terjadinya transaksi pada harga tertentu. Di BEJ terdapat lebih dari 330 saham yang tercatat dan dapat diperdagangkan oleh investor baik investor lokal maupun investor manca negara. Di BEJ, transaksi dilakukan pada hari-hari tertentu yang disebut Hari Bursa, yaitu:

Hari Bursa Sesi Perdagangan Waktu
Senin s/d Kamis Sesi I

Sesi II

Jam 09.30 – 12.00 WIB

Jam 13.30 – 16.00 WIB

Jum’at Sesi I

Sesi II

Jam 09.30 – 11.30 WIB

Jam 14.00 – 16.00 WIB

Sumber : https://intergalactictravelbureau.com/

About the Author