Inflasi Akan Tembus 7 Persen

Inflasi Akan Tembus 7 Persen

Inflasi Akan Tembus 7 Persen

Inflasi Akan Tembus 7 Persen
Inflasi Akan Tembus 7 Persen
Ekonom Standard Chartered Bank Fauzi Ichsan memprediksi inflasi Indonesia akan tembus di level 7 persen pada tahun 2013. Hal ini terjadi ketika harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dinaikkan.
“Jika pemerintah jadi menaikkan harga BBM tahun depan, akan naik tembus 7 persen,” kata Fauzi di Hotel Four Season Jakarta, Rabu (5/12/2012).
Menurut Fauzi, rencana kenaikan harga BBM ini akan menjadi dilematis, khusus untuk partai politik. Sebab, dengan rencana kenaikan harga BBM tersebut, citra partai politik yang mendukung rencana tersebut akan terpuruk, khusus mendukung Pemilihan Presiden 2014. Kondisi ini sama dengan rencana kenaikan harga BBM pada 2009 lalu. Akhirnya, pemerintah juga mengeluarkan rencana kenaikan harga BBM karena telah memilih Presiden 2009.
“Secara politis, apa yang mereka (partai politik) mau dapatkan pada tahun 2014) jika mendapat kenaikan harga BBM,” katanya.
Penyebab, kenaikan harga BBM ini harus dipicu oleh risiko kenaikan fiskal di dalam negeri. Ini juga dipicu saat ada krisis finansial global yang lebih parah bila dibandingkan dengan krisis global pada 1997-1998 atau 2008 lalu.
“Sementara tahun depan diperkirakan ekonomi global, terutama Amerika Serikat dan zona Eropa, akan membaik, khususnya pada semester I-2013,” katanya.

Namun, jika tidak, maka rencana kenaikan harga BBM tersebut, kenaikan Indonesia tahun depan hanya akan bergerak di level 5-5,5 persen, dengan naiknya pertumbuhan ekonomi 6,5 persen dan BI Rate naik 50 bsp di 2013.

Sumber:  https://www.theedgesearch.com/2019/11/dna-and-rna-what-it-is-function-and-more.html

About the Author