Antisipasi Banjir saat Ujian Sekolah SD

Antisipasi Banjir saat Ujian Sekolah SD

Antisipasi Banjir saat Ujian Sekolah SD

Antisipasi Banjir saat Ujian Sekolah SD
Antisipasi Banjir saat Ujian Sekolah SD

SOREANG – Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bandung

telah menyiapkan beberapa tempat pelaksanaan Ujian Sekolah (US) alternatif. Hal ini untuk mengantisipasi apabila terjadi banjir saat siswa Sekolah Dasar melaksanakan US.

Kepala Bidang TK SD Disdikbud Kabupaten Bandung, Maman Sudrajat mengatakan, melihat curah hujan masih tinggi, sehingga beberapa sekolah di wilayah Dayeuhkolot dan Baleendah rawan banjir. Pihaknya melakukan antisipasi sejak awal supaya pelaksanaan US bisa berjalan dengan lancar.

”Kami sudah siapkan alternatif sekolah yang sewaktu-waktu bisa digunakan pelaksanaan US SD.

Ini dilakukan mengingat beberapa sekolah di dua kecamatan itu rawan terendam banjir. Bahkan sampai hari ini ada satu sekolah di Dayeuhkolot yang masih terendam dan mereka terpaksa mengungsi untuk melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di rumah warga,” kata Maman saat wawancara di kantornya kemarin (12/5).

Maman menjelaskan, sekolah yang rawan terendam banjir di Kecamatan Dayeuhkolot adalah SDN Dayeuhkolot 7 dan 10, tempat alternatifnya di SDN Dayeuhkolot 2. Lalu SDN Bojongasih 1 dan 2 dialihkan ke SDN Dayeuhkolot 5 dan 14. Sedangkan untuk SDN Leuwibandung 3, telah disiapkan tempat di SDN Dayeuhkolot 4.

”Sedangkan untuk di Baleendah, SD yang rawan terendam banjir adalah di SDN Andir 1

. Kami sudah siapkan antisipasi di SDN Kulalet. Sekolah itu aman tidak pernah terkena banjir,” jelasnya.

Maman mengungkapkan, pelaksanaan US yang dimulai pada 16 Mei, apabila sekolah tersebut terendam banjir dan tidak bisa digunakan, pihaknya sudah mensiapkan beberapa tempat alternatif, dengan begitu pelaksanaan US tetap berjalan.

”Kalau tempat yang aman telah disiapkan. Kami pun sudah mengimbau agar siswa peserta mempersiapkan diri untuk mengikuti US. Termasuk bagaimana supaya berangkat dari rumah ke menuju tempat US dengan aman, karena ke banyak akses jalan pun terputus,” ungkapnya.

 

Sumber :

https://pharmacygig.com/teks-observasi/

About the Author