Menghafal Al-Qur’an Ketika Masih Kafir

Menghafal Al-Qur’an Ketika Masih Kafir

Amr bin Salamah r.a. bercerita, “Kami tinggal di suatu daerah di salah satu jalur menuju Medinah yang banyak dilewati orang-orang. Jika tersedia orang yang lagi dari Medinah, aku dapat menanyakan perihal kondisi orang-orang di sana.

Demikian juga, orang yang mengaku Nabi. Lalu, orang-orang itu menyebutkan bahwa Nabi itu bersabda, ‘Wahyu llahi sudah turun kepadaku. Ayat-ayat inilah yang diturunkan oleh-Nya’. Ketika itu aku tetap kecil, tapi selamanya mengingat tiap-tiap perkataan mereka. Saya pun menghafalkan ayat-ayat tersebut. Jadilah aku banyak menghafal ayat-ayat Al-Qur’an meskipun belum memeluk Islam.

Orang-orang Arab yang dapat masuk Islam biasanya tunggu dahulu orang-orang Mekah masuk Islam. Setelah moment Fathu Mekah, barulah semua orang berbondong-bondong masuk Islam.

Ayah dan lebih dari satu kaumku pun menghadiri majelis Rasulullah saw. Kemudian beliau mengajarkan syariat Islam, tata cara shalat, dan cara-cara shalat berjemaah. Beliau bersabda, ‘Orang yang paling pantas jadi imam adalah orang yang paling banyak menghafal Al-Qur’an.’ Ketika itu sayalah yang paling banyak hafalan Al-Qur’an karena aku selamanya menghafal ayat-ayat Al-Qur’an yang disampaikan orang-orang sekembalinya dari Medinah.

Setelah dicari dari kaum kami, siapa lagi yang banyak menghafal Al-Qur’an, ternyata tidak tersedia orang lain jikalau saya. Akhirnya, aku dijadikan imam oleh mereka, padahal umur aku sementara itu baru 7 tahun. Saya sudah mengimami shalat berjemaah dan shalat jenazah.” (HR. Bukhari dan Abu Daud)

Para fuqaha mempunyai perbedaan pendapat perihal dengan anak kecil yang belum balig yang jadi imam bagi orang dewasa. Sebagian ulama tersedia yang memperbolehkan,sebagian yang lain memperbolehkannya apabila di dalam kondisi darurat, tapi lebih dari satu yang lain lagi melarangnya.

Hal ini merujuk pada hadis Nabi saw. yang berbunyi, “Hendaklah yang mengimami kalian adalah yang paling banyak menghafal Al-Qur’an.” Imam yang dimaksud hadis selanjutnya tidak juga anak kecil yang belum balig.

Sumber : https://tutorialbahasainggris.co.id/

Baca Juga :

About the Author