Kelangkaan Sumber Daya atau faktor Produksi

Kelangkaan Sumber Daya atau faktor Produksi

Kelangkaan Sumber Daya atau faktor Produksi

Kelangkaan Sumber Daya atau faktor Produksi

Penyebab kelangkaan yang pertama adalah keterbatasan sumber daya atau faktor produksi,  Sumber daya terdiri dari empat macam, yaitu alam, tenaga kerja, pengusaha, dan modal, mengapa sumber daya dikatakan langka? Silahkan pahami pemaparan berikut ini untuk menemukan jawabanya:

a) Sumber Daya Alam

Sumber daya alam dapat digolongkan menjadi dua yaitu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan  sumber daya alam yang dapat diperbarui.  Kedua sumber daya alam tersebut bersifat langka. Minyak bumi dan batu bara bisa habis, sedangkan tumbuhan dan hutan untuk memperbaruinya diperlukan waktu yang lama dan biaya yang banyak. Dari hari ke hari tanah terasa semakin sempit karena luas tanah tidak bertambah, sedangkan jumlah manusia terus bertambah. Air, terutama air bersih, saat ini secara umum sulit didapatkan dan pengadaannya memerlukan biaya. Maraknya penjualan air kemasan atau air isi ulang menunjukkan bahwa air adalah barang langka dan harus dibeli. Iklim atau musim juga bersifat langka. Mengapa? Karena manusia tidak bisa mengatur datang dan perginya iklim.

b) Sumber Daya Tenaga Kerja

Sumber daya tenaga kerja terdiri atas dua macam. Tenaga kerja jasmani dan tenaga kerja rohani. Tenaga kerja bersifat langka karena pengadaannya memerlukan biaya. Tenaga kerja jasmani baru ada bila manusia sudah melakukan makan dan minum, sedangkan makanan dan minuman harus dibeli. Tenaga kerja jasmani dilakukan oleh tukang becak, tukang angkat barang, tukang batu, dan sejenisnya. Tenaga kerja rohani seperti yang dilakukan dokter, akuntan, dan wartawan baru ada bila sudah mengikuti pendidikan khusus.  Sedangkan mengikuti pendidikan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena langka itulah maka jasa tukang becak, tukang angkat, dokter, pengarang, dan lain-lain harus dibayar.

c) Sumber Daya Pengusaha

Sumber daya pengusaha bersifat langka karena tidak semua orang mampu menjadi pengusaha. Untuk menjadi pengusaha orang harus mempunyai modal dan beberapa keahlian, di antaranya keahlian mengelola faktor-faktor produksi (manajerial skill), keahlian teknologi (technological skill), dan keahlian mengorganisasi berbagai usaha, kepentingan di dalam dan di luar perusahaan (organizational skill).

d) Sumber Daya Modal

Modal adalah semua barang hasil produksi yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. Sumber daya modal bersifat langka karena kemampuan manusia untuk menghasilkan modal juga terbatas. Contoh modal adalah mesin-mesin produksi, gedung atau kantor, peralatan kantor atau peralatan produksi,perlengkapa dan sebagainya.


Sumber:

https://www.sekolahbahasainggris.co.id/

About the Author