Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer
Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Secara sederhana pengertian jaringan komputer adalah sistem yang terdiri dari komputer-komputer, serta perangkat perangkat elektronik yang saling terhubung sebagai kesatuan sistem. Dengan terhubungannya perangkat perangkat tersebut, memungkinkan terjadinya penggunaan sumber daya bersama sama

Apa Itu Jaringan Komputer?

Jaringan komputer dapat pula didefinisikan sebagai penghubung antara dua atau lebih komputer yang memiliki satu tujuan utama (single main purpose) yaitu berbagi data (sharing data). Sehingga jaringan komputer dapat dikatakan sebagai perangkat lunak dan perangkat keras. Dengan kata lain, jaringan komputer adalah kombinasi software dan hardware komputer.

Berdasarkan sumber lain, pengertian jaringan komputer adalah himpunan “interkoneksi” antara 2 komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau nirkabel (wireless). Apabila satu komputer mengendalikan komputer lain maka jaringan komputer tersebut bukan bersifat autonomous.

 

Pengertian jaringan komputer (computer network) adalah

kumpulan autonomos atau lebih dari satu yang terdistribusi secara sistematis dimana setiap komputer dapat bertukar data dengan komputer lain dalam sistem tersebut. Data yang dimaksud adalah susunan angka biner (1 dan 0). Data tersebut dapat berupa perintah dan lainnya kepada komputer atau keseluruh komputer maupun ke perangkat lainnya yang terhubung ke komputer tersebut.

 

Tiap komputer, printer atau periferal

yang terhubung dalam suatu jaringan komputer disebut node. Sebuah jaringan komputer sedikitnya terdapat dua unit komputer.

Pengertian Jaringan Komputer : Jenis, Macam, Manfaat, Fungsi Jaringan Komputer

Pengertian jaringan komputer
Macam macam metode komunikasi dalam jaringan komputer
Peer to Peer
Metode komunikasi jaringan komputer ini merupakan jaringan komputer yang terdiri atas kurang dari 10 komputer dengan beberapa alat atau hardware saja yang terhubung. Jenis jaringan komputer peer to peer adalah model jaringan yang menggunakan sumber daya komputer komputer yang lain.
Sehingga, pada sistem jaringan komputer ini, setiap komputer dapat menjadi client sekaligus server diwaktu yang sama. Anda dapat menemukan jaringan peer to peer pada windows dengan nama workgroup.

Sumber : http://seopagerank.net/tips-ajarkan-anak-sholat-sejak-usia-dini/

About the Author