Apa Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Apa Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Apa Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Apa Pengertian Negara Menurut Para Ahli
Apa Pengertian Negara Menurut Para Ahli

 

Pengertian Negara berbeda dengan pengertian bangsa. Pengertian negara memang ada beberapa akan tetapi harus memiliki 4 elemen yaitu pendudukwilayahpemerintah dan kedaulatan. Sebuah negara disebut negara bila telah memenuhi 4 elemen atau syarat tersebut dan bila tidak memenuhi 4 syarat negara maka bukanlah suatu negara.

Berikut beberapa pernyataan para ahli tentang pengertian negara

Pengertian negara menurut Bapak Harold J.Laski bahwa negara adalah suatu masyarakat yang diintegrasikan karena memiliki wewenang yang bersifat memaksa dan yang secara sah lebih agung dibandingkan individu atau kelompok (grup) yang merupakan bagian dari masyarakat (baca pengertian masyarakat).

Roger H. Soltau

memberikan pengertian negara yang lebih singkat bahwa pengertian negara adalah alat atau agency atau wewenang (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama rakyat.

Kemudian Bapak George F. Hegel 

memasukkan unsur kemerdekaan dalam pengertian negara yang dia ungkapkan bahwa pengertian negara adalah organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintesis dari kemerdekaan individu dan kemerdekaan universal. Pengertian negara yang dikemukakan Hegel ini cukup berbeda dari yang lain karena dihubungkan dengan organisasi kesusilaan serta menghubungkan bahwa negara merupakan produk dari kemerdekaan individu dan kelompok.

Kemudian Bapak Max Weber

memberikan pengertian negara yang cukup keras dan terkesan menghina adanya negara. Weber beranggapan bahwa pengertian negara adalah suatu masyarakat yang memiliki monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu negara. Hal ini mengaburkan pengertian Bapak  Soltau, dan terlebih lagi Hegel. Bila dicerna pengertian negara dari Weber ini berhubungan dengan anggapan Bapak Laski, walaupun pengertian negara yang diungkapkan Bapak Max Weber terkesan kasar.

About the Author