Wayang Hihid Meriahkan HUT Pramuka Tingkat Jabar

Wayang Hihid Meriahkan HUT Pramuka Tingkat Jabar

Wayang Hihid Meriahkan HUT Pramuka Tingkat Jabar

Wayang Hihid Meriahkan HUT Pramuka Tingkat Jabar
Wayang Hihid Meriahkan HUT Pramuka Tingkat Jabar

BOGOR-Kesenian Langgir Badong dan Wayang Hihid

yang dimainkan oleh anggota Pramuka Kota Bogor memeriahkan Peringatan Hari Pramuka ke-53 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang berlangsung di Lapang Sempur, Jalan Sempur, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (14/8).

Kesenian Tradisional Kota Bogor buah karya Seniman Kota Bogor Ade Suarsa itu, dimainkan oleh 40 orang anggota pramuka berprestasi di Kota Bogor, cukup memukau para peserta upacara dan undangan serta masyarakat sekitar yang menghadiri peringtaan Hari Pramuka tersebut.

Menurut Ade Suarsa yang juga pimpinan Sangar Etnikna Daya Sora,

Langgir Badong berasal dari Basa Sunda. Langgir artinya kalajengking. Sedangkan Badong berarti bambu yang digendong. Kasenian Langgir Badong pernah mendapatkan kesempatan untuk tampil di Balairung Soedirman, Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Kesenian Langgir Badong buah karya Ade Suarsa ini juga pernah menjadi juara pertama atau kesenian terbait, buah karya orisinal dalam event Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2011 yang diikuti oleh 26 kabupaten/kota di Jawa Barat dan sekaligus mewakili Tingkat Jawa Barat pada event tingkat nasional.

Selain menampilkan ksenian langgir badong, Pramuka Kota Bogor

bekerjasama dengan Sanggar Seni Etinikna Daya Sora itu, menampilkan tari wayang hihid, yang juga cukup memukau para peserta dan undangan Peringatan Hari Pramuka Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2014.

Wayang Hihid dari Sanggar Etnikna Daya Sora juga pernah menyabet predikat terbaik pertama dalam Kirab Wira Budaya Tingkat Nasional yang digelar di Areal Tugu Utama Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta pada tahun 2013. (enal)

 

Sumber :

http://riskyeka.web.ugm.ac.id/pengertian-buang-air-besar/

About the Author