Mengenal Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar

Mengenal Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar

Mengenal Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar

Mengenal Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar
Mengenal Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar

Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar digolongkan menjadi 2 faktor yang ada dari dalam individu (intern) dan luar individu (ekstern). Slavin dalam slameto (2003:15) :

1.    Faktor-faktor intern

Faktor intern adalah faktor yang berasal dari diri individu yang sedang mengalami proses belajar. Faktor intern ini meliputi :
a.    Faktor jasmani: kesehatan tubuh dalam kesiapan menerima pelajaran, cacat tubuh yang mempengaruhi secara langgsung atau tidaknya dalam proses belajar
b.    Faktor psikologis: intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan, dan kesiapan
c.    Faktor kelelahan: faktor kelelahan disini dibagi menjadi dua yaitu kelelahan jasmani dan kelelahan rohani. Kelelahan itu mempengaruhi belajar, agar siswa dapat belajar dengan baik haruslah menghindari jangan sampai kelelahan dalam belajar, dan diusahakan bebas dari kelelahan.

2.    Faktor-faktor ekstern

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap belajar terdiri dari :
a.    Faktor keluarga
Cara orang tua mendidik anaknya, relasi antar anak dan anggota keluarga yang lain, kemudian suasana rumah terkait dengan kejadian yang sering terjadi didalam keluarga dimana anak berada dan belajar, serta keadaan ekonomi keluarga;
b.    Faktor sekolah
  1. kurikulum
  2. relasi siswa dengan guru dan siswa lain;
  3. disiplin sekolah;
  4. kondisi dan fasilitas belajar;
  5. metode adalah cara yang harus dilalui didalam mengajar. Metode mengajar sangat mempengaruhi belajar. Metode mengajar guru yang kurang baik akan mempengaruhi belajar siswa yang kurang baik pula.
  6. Faktor masyarakat
Masyarakat meruppakan faktor ekstern yang juga berpengaruh terhadap belajar siswa. Pengaruh itu terjadi karena keberadaannya siswa dalam masyarakat, dan pergaulan siswa dalam masyarakat.
Selain faktor-faktor diatas, menurut Sudjana (2001:67), ada tiga unsur dalam kualitas pengajaran yang berpengaruh pada hasil belajar siswa, yaitu :
Kompetisi guru, karakteristik kelas dan karakteristik sekolah. Berkaitan  dengan kompetisi guru, yang merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi kualitas belajar, maka dalam pembelajaran guru harus pandai-pandai memilih pendekatan dan metode mengajar yang sesuai dengan isi materi pelajaran. Motede tersebut harus sesuai dengan materi, efektif dan efisien.

About the Author