Fungsi akar pada tumbuhan

Fungsi akar pada tumbuhan

Fungsinya sebagai berikut.

Ini membantu memperkuat dan memperkuat pendirian pabrik sebagai pendukung dan tempat tinggalnya.
Tempat untuk menyerap kelembaban dan nutrisi dari tanah.
Sebagai tempat menyimpan makanan seperti wortel dan ubi.
Air pembawa akan tumbuh untuk membawa masuk zat-zat yang diserap oleh bagian-bagian tubuh.
Dalam kasus bakau, akar berfungsi sebagai alat bernafas.
Pada tanaman roti, Anda bisa menumbuhkan tunas yang bisa tumbuh dari kecambah hingga kecambah.

Jenis Rute

Akar setiap tanaman biasanya berbeda, masing-masing dengan jenisnya sendiri. Jenis-jenis akarnya adalah sebagai berikut.
Rute serat

Jenis akar ini umumnya ditemukan pada tanaman monokotil, tetapi kadang-kadang ditemukan pada tanaman dikotil yang biasa ditemukan pada stek atau cangkok. Jenis akar ini memiliki banyak akar kecil, ukurannya sangat mirip dan tipis, dan biasanya bentuk akarnya seperti benang.
Akar

Jenis akar ini umumnya ditemukan pada tanaman dikotil. Seperti tanaman wortel dan umbi-umbian. Jenis akar ini memiliki akar besar dengan beberapa cabang dan ranting akar.

Menggantung akar

Akar semacam ini memanjang dari atas batang dan memanjang ke tanah. Sehingga akarnya menggantung di udara. Fungsi akar gantung ini adalah untuk menyerap kelembaban dan gas dari udara. Namun, ketika akar tumbuh ke tanah, akar memasuki tanah dan berfungsi untuk menyerap air dan garam mineral. Contoh tanaman gantung ini adalah pohon Beringin.

Akar nafas

Artinya, akar yang memanjang dari batang bawah. Beberapa akar ini muncul di tanah, yang lain ada di tanah. Akar ini tampaknya mendukung batang kokoh yang tegak. Ada banyak ruang dan celah sebagai tempat udara masuk. Karena itu, fungsi akar jenis ini adalah bernafas atau bernafas. Contoh tanaman ini seperti pandan dan bakau.
Akar Lengket

Akar jenis ini tumbuh di sepanjang batang tanaman. Fungsinya untuk menempelkan batang ke dinding dan tanaman lain. Misalnya, tanaman dari quinum.

Akar tanaman
Akar adalah bagian dari tanaman yang harus ada. Bagaimana tanaman bisa hidup tanpa akar? Seperti yang kita ketahui, semua jenis tanaman yang tumbuh liar atau sengaja ditanam manusia juga harus berakar. Demikian juga, tanaman yang menempel pada tanaman lain sebenarnya memiliki akar juga. Dari sini sangat jelas apakah akar merupakan bagian tanaman yang sangat mendasar. Akar juga merupakan faktor pembeda antara tanaman dikotil dan monokotil.

Berbicara tentang akar tanaman, konsep akar umumnya di tanah, bagian dari akar tanaman di batang yang tumbuh menuju pusat bumi. Namun, ada akar tanaman yang tidak tumbuh di tanah tetapi menempel pada tanaman lain.

Fungsi root
Akar tanaman memiliki fungsi utama. Fungsi akar tanaman secara umum adalah sebagai berikut:
1. Mendukung batang tanaman dan memperkuat jangkar tanaman.
Serap garam dan air mineral melalui rambut akar.
3. Sebagai tempat menyimpan cadangan makanan seperti wortel dan pohon singkong.
Misalnya sebagai alat bantu pernapasan tanaman mangrove.
Sebagai alat untuk perbanyakan vegetatif pada tanaman tertentu.

sumber : https://materibelajar.co.id/

About the Author