Prasasti Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Prasasti Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Prasasti Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Prasasti Peninggalan Kerajaan Sriwijaya
Prasasti Peninggalan Kerajaan Sriwijaya
Informasi tentang Kerajaan Sriwijaya diperoleh dari berbagai sumber, salah satunya yakni dari prasasti. Prasasti yang membuktikan keberadaan Kerajaan Sriwijaya, diantaranya;

1) Prasasti Kedukan Bukit

Prasasti Kedukan Bukit, ditemukan di tepi Sungai Batang dekat Kota Palembang tahun 683 M. Isi prasasti ini, menceritakan perjalanan suci Dapunta Hyang dengan perahu dari Minangtamwan (Minangkabau) pada tanggal 7 paro terang bulan Jyestha tahun 682 dengan membawa tentara sebanyak 20.000 orang. Pada tanggal 5 paro terang bulan Asadha mereka datang dan membuat kota dan kerajaan Sriwijaya memperoleh kemenangan.

2) Prasasti Talang Tuo

Prasasti ini ditemukan di kota Talang Tuo tahun 684 M. Isinya, menceritakan pembuatan taman Sriksektra atas perintah Dapunta Hyang Sri Jayanaga untuk kemakmuran rakyat disertai doa-doa agama Buddha Mahayana. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/pancasila-sebagai-dasar-negara/)

3) Prasasti Telaga Batu

Prasasti ini ditemukan di daerah Palembang tahun 683 M. Isinya menceritakan tentang kutukan-kutukan raja terhadap siapa saja yang tidak taat dan melakukan kejahatan.

4) Prasasti Karang Berahi

Prasasti ini ditemukan di Sungai Menduk di Pulau Bangka tahun 686 M. Isinya menceritakan tentang;
  • Usaha Sriwijaya menaklukkan Bhumi Jawa yang tidak setia pada Sriwijaya,
  • Doa permintaaan kepada para dewa agar menjaga kesatuan Sriwijaya. Disebutkan juga bahwa bhumi Jawa tidak mau kepada Sriwijaya kemakmuran rakyat disertai doa-doa agama Buddha.
Kerajaan Sriwijaya mulai mengalami kemunduran sekitar abad ke-11 M. Ini diawali dengan terjadinya peperangan melawan Kerajaan Colamandala dari India pada tahun 1023. Selain itu, kemunculan Kerajaan Majapahit yang berniat menundukkan seluruh Nusantara semakin memperlemah Kerajaan Sriwijaya, hingga akhirnya kerajaan ini menghilang pada abad ke-13 M.

About the Author