Pengertian dan Rumus Minyak Lengkap

Minyak adalah – istilah umum untuk semua cairan organik yang tidak larut / dicampur dalam air (hidrofobik) tetapi larut dalam pelarut organik [1]. Ada karakteristik tambahan lainnya yang diketahui oleh orang awam: rasanya licin saat digenggam [1]. Dalam arti sempit, kata “minyak bumi” biasanya merujuk pada minyak bumi (minyak) atau produk olahannya: minyak tanah (minyak tanah).

Namun, kata ini sebenarnya banyak digunakan sebagai minyak (misalnya, minyak yang dapat dimakan), bahan bakar (misalnya minyak tanah), pelumas (minyak rem dll.), Media transfer energi atau parfum. Ini berlaku. Misalnya minyak nilam.

Pengertian Minyak

Minyak adalah salah satu kelompok dalam kelompok lipid. Yaitu, ia ditemukan di alam dan tidak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut organik nonpolar seperti dietil eter

(C 2 H 5 OC 2 H 5)

kloroform (CHCl 3), benzena, dan hidrokarbon lainnya. Polar [1].

Minyak adalah senyawa trigliserida atau trigliserol, yang berarti “triester gliserol” [1]. Jadi minyak adalah senyawa ester [1]. Hasil hidrolisis minyak adalah asam karboksilat dan gliserol [1]. Asam karboksilat ini juga disebut asam lemak dan memiliki rantai hidrokarbon yang panjang dan tidak bercabang [1].
Daftar Isi

Jenis minyak

Dilihat dari asalnya, ada dua kelompok besar minyak, minyak produksi tanaman (minyak nabati) dan minyak hewan (minyak hewani) (minyak) yang diperoleh dari kegiatan penambangan [2].
Minyak nabati dan minyak hewani

Minyak nabati dan hewan semuanya adalah lipid [2]. Dari sudut pandang kimia, kelompok minyak ini sama dengan lemak [2]. Minyak dibedakan dari lemak berdasarkan sifat fisiknya pada suhu kamar: minyak itu cair dan lemaknya padat <2. Ada berbagai kompiler, tetapi apa yang digunakan banyak orang terdiri dari dua kelompok [2].

Gliserida dan / atau asam lemak, termasuk minyak nabati (minyak nabati atau minyak nabati dan minyak ikan), bahan baku industri sabun, bahan baku campuran minyak pelumas, dan bahan baku biodiesel. Kelompok ini biasanya padat atau cair pada suhu kamar, tetapi tidak mudah menguap.
Terpen dan terpenoid dikenal sebagai minyak atsiri, atau minyak eter, atau minyak atsiri (bukan asam lemak esensial!). Hampir semua kelompok ini berasal dari tanaman dan dianggap memiliki daya kuratif (aromaterapi). Minyak kelompok ini memiliki aroma yang kuat karena volatilitas pada suhu kamar (disebut “minyak aromatik”).

Beberapa minyak nabati lain yang banyak digunakan [4]:

Minyak ikan yang kaya akan DHA sangat cocok untuk fungsi otak
Margarin, cis berubah seiring transfer menjadi bentuk padat
Biodiesel, bahan akar yang ramah lingkungan

minyak bumi

Minyak bumi adalah campuran dari berbagai jenis zat organik, tetapi komponen utamanya adalah hidrokarbon [5]. Karena minyak bumi diperoleh dalam bentuk campuran dengan mineral lain itu juga disebut minyak mineral [5]. Minyak bumi tidak diproduksi langsung dari hewan dan tumbuhan tetapi dari fosil [5]. Karena itu, dikatakan bahwa minyak bumi adalah salah satu bahan bakar fosil. Beberapa ilmuwan mengklaim bahwa minyak bumi adalah zat abiotik. Dengan kata lain, zat ini bukan berasal dari fosil tetapi zat anorganik yang diproduksi secara alami di dalam bumi. Namun, pandangan ini secara ilmiah meragukan karena ada sedikit bukti yang mendukungnya [5].
Analisis lemak

Jenis lemak dan minyak dapat dibedakan berdasarkan sifatnya [1]. Saat menguji sifat-sifat gemuk, ada [2].

  • Nomor saponifikasi
  • Nomor Ester
  • Nilai yodium
  • Penampilan Reichard Maisel

Seperti dalam [2], uji untuk menilai kualitas minyak

Angka asam
Harga peroksida
Jumlah asam tiobarbiturat (TBA)
Konten minyak

Pengolahan minyak bumi

Minyak di pasaran bisa menjadi zat murni, tetapi secara umum itu adalah solusi / campuran [2]. Perawatan minyak murni (purifikasi / pemurnian) biasanya melibatkan pemisahan zat residu diikuti oleh pendinginan (kondensasi). Proses pencampuran dengan bahan-bahan tertentu yang diperlukan dapat dilakukan kemudian [5].

Dalam pembentukan minyak, enzim denaturasi membantu untuk memasuki ikatan rangkap pada posisi tertentu dalam rantai asam lemak [5]. Enzim bekerja secara berurutan untuk menghasilkan minyak produk akhir.

Sumber : https://suhupendidikan.com/

About the Author