mengenal komputer

Bagian-Bagian Komputer Beserta Fungsinya

Fungsi dan komponen komputer yang sangat penting yang kita ketahui sebelum mulai menggunakan Komputer adalah alat yang mengurangi pekerjaan pengguna. Komputer dibagi menjadi banyak bagian penting. Secara umum, komputer menyertakan perangkat input, prosesor atau CPU, dan perangkat eksternal. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan tentang artikel tentang komponen komputer dan penggunaannya.

Bagian dari komputer dan fungsinya

1. PERANGKAT INPUT

Perangkat input komputer pada awalnya disediakan hanya oleh keyboard dan mouse. Pada 1990-an, perangkat input hanya keyboard. Peristiwa kemudian mulai muncul dengan mouse, pena (pena ke gambar). Dan sekarang, ada perangkat input dalam bentuk jari sentuh yang disebut layar sentuh dan suara atau perintah. Tetapi yang paling umum pada komputer rumahan hanyalah keyboard dan mouse komputer. Fungsi utamanya tentu saja untuk menyimpan data. Sejalan dengan perkembangan waktu, penggunaan peralatan komputer telah meningkat dengan adanya scanner untuk mengimpor salinan data gambar ke komputer.

2. CPU

CPU [Central Processor] adalah induk atau pusat pemrosesan data perangkat komputasi, sementara di CPU, beberapa komponen terhubung bersama. Komponen-komponen CPU biasanya sebagai berikut:

A. KARTU VGA

Kartu VGA adalah bagian dari komputer, di dalam CPU memainkan peran penting untuk menampilkan proses output untuk monitor.

Tanpa kartu VGA, layar komputer tidak akan menampilkan apa pun, juga disebut kosong. Kartu VGA itu sendiri datang dalam bentuk slot tambahan atau default dari produsen motherboard atau juga disebut VGA pada kartu. Bagian termasuk memori dan kipas pendingin. Fungsinya sama, yaitu menampilkan teks dan gambar untuk layar, hanya dengan warna dan gaya yang berbeda, tergantung pada produsennya. Kipas diperlukan untuk mendinginkan komponen panas dari kartu VGA karena bagian ini berjalan hampir setiap saat.

B. CASING

Shell berfungsi sebagai tempat kita menempatkan atau memasang motherboard, catu daya, drive optik, hard drive, dan sebagainya. untuk melindungi berbagai komponen dari debu, panas, air atau kotoran lain selama pekerjaan Anda. Kasing ini juga penting karena hampir semua perangkat seperti motherboard, drive CD-ROM, hard drive, dan floppy drive menggunakan enklosur ini sebagai tempat kerja, juga dikenal sebagai tempat kerja. setiap hari

C. POWER SUPPLAY

Selalu di dalam komputer, sumber daya disimpan dalam CPU. Sesuai namanya, catu daya ini memiliki fungsi mentransmisikan daya listrik ke setiap bagian komputer sehingga dapat beroperasi. Apa yang biasa digunakan pada PC rumahan adalah jenis sumber ATX.

mengenal komputer

D. MOTHERBOARD

Papan sirkuit tercetak di mana berbagai komponen elektronik atau komponen komputer lainnya terhubung, seperti prosesor, kartu video, kartu suara, hard drive, dll. Tujuan motherboard adalah untuk menghubungkan setiap komponen komputer untuk saling berkomunikasi. Setiap motherboard memiliki spesifikasi, seperti dukungan prosesor dan kapasitas RAM maksimum yang didukung oleh motherboard.

E. PROSES

Prosesor adalah chip kecil, chip ini sangat berguna untuk berpikir dan logika saat menjalankan perintah komputer.

Semakin tinggi kecepatan CPU, semakin cepat komputer menangani berbagai jenis data. Ini tentu saja harus didukung dengan RAM dan hard drive besar.

F. RAM

RAM (Memori Akses Acak). Fungsinya untuk menyediakan data yang diproses oleh prosesor sebelum mendistribusikannya ke pihak-pihak yang membutuhkannya, meskipun pengembangan yang dijelaskan dalam bagian ini memudahkan untuk memilih ram yang tepat untuk pekerjaan-Nya, terutama sebagian besar merek, mengimplementasikan sistem garansi seumur hidup pada RAM. 4 .hipet menyesuaikan komunikasi antara komponen. Chipset dibagi menjadi dua bagian. Chip pertama yang disebut “Northern Bridge” dapat menangani komunikasi antara AGP, RAM, prosesor dan South Bridge pada chipset. Dan bagian kedua chip adalah South Bridge, yang dapat menangani semua input dan output komputer, termasuk PCI dan bus ISA. Prosesor, memori (RAM), cache dan chipset bekerja bersama untuk mengaktifkan fungsi komputer.

G. HARDDISK

Hard disk adalah operasi umum untuk menyimpan data mekanis. Semakin besar kapasitas hard disk, semakin banyak data yang dapat Anda simpan.

Unit kapasitas hard disk adalah byte. Kapasitas hard disk saat ini bervariasi dari 250GB, 350GB, 500GB, 1000GB, atau 1000Tera. Bahkan 3 Tera tersedia. Fungsi hard disk adalah tempat untuk menyimpan data.

Demikian pembahasan tentang mengenal perangkat dalam komputer. untuk lebih detai selahkan kunjungi sumber yang lebih lengkap. Terima Kasih semoga bermanfaat.

Sumber : Https://www.videomax.co/

About the Author