Jenis-Jenis Fauna Indonesia Bagian Barat

Jenis-Jenis Fauna Indonesia Bagian Barat – Fauna yang ditemukan di distrik Indonesia Barat ialah jenis hewan Asiatis atau memiliki keserupaan dengan hewan yang melekat pada benua Asia. Fauna Barat Indonesia pun disebut wilayah fauna berbasis Sunda. Kawasan hewan Indonesia Barat berdampingan dengan distrik Indonesia Tengah, garis imajiner yang sedang tersebut disebut Garis Wallacea.

Fauna Indonesia Bagian Barat

Distribusi wilayah hewan Barat Indonesia menurut asal dan usul pulau ini antara lain:

1. Pulau Sumatera dan pulau-pulau kecil di sekitarnya (Kepulauan Nias, Enggano, Bangka, Belitung, Kepulauan Riau dll) hewan – hewan khas, laksana gajah, tapir, badak bertanduk dua, harimau, owa dan orangutan.
2. Pulau Jawa dan pulau-pulau kecil di sekitarnya (Nusa Kambangan, Nusa Barong, Madura, Kepulauan Seribu, Pulau Vulkan Krakatau dll) mempunyai badak bertanduk satu, harimau dan banteng.
3. Pulau Borneo mempunyai badak bertanduk dua, macan tutul, orang utan, monyet berhidung panjang, dan beruang madu.
4. Pulau Bali

Jenis-jenis Fauna Indonesia

Beberapa jenis hewan yang terdapat di hewan Barat indonesia menurut keterangan dari jenis hewan jangkauan:

1. Jenis mamalia, tergolong gajah, badak, tapir, rusa, banteng, kerbau, monyet, orangutan, harimau, tikus, tupai, rusa, ajag, kelelawar, landak, babi hutan dan ikan dolfin (sejenis lumba air sarat Sungai Mahakam).
2. Jenis reptil, tergolong buaya, kura-kura, kadal, ular, tokek, kadal, bunglon, dan trenggiling.
3. Jenis burung, tergolong burung hantu, elang, jalak jalak, burung merak, kutilang dan sekian banyak unggas.
4. Jenis serangga, contohnya kumbang badak (kumbang jawa)

Fauna yang ditemukan di unsur barat Indonesia ialah fauna Asia atau sejenis hewan yang ditemukan di benua Asia. Fauna barat Indonesia pun disebut wilayah margasatwa berbasis Sunda.

Fauna, dalam bahasa latin, ialah hewan atau berarti harta dari segala jenis hewan yang hidup di unsur atau periode tertentu. Istilah yang sama guna tanaman ialah flora / nabatah. Nabatah, sifat hewani dan format kehidupan lainnya laksana jamur dalam kes.

Sumber: https://goo.gl/P9eoWx

About the Author