Cara Mudah Mengetahui Freon Mobil Honda Sudah Habis

Cara Mudah Mengetahui Freon Mobil  honda Sudah Habis

1. AC hanya keluar dari angin dan tidak menjadi dingin

Ketika Anda menyalakan AC, itu harus dengan sekejap hembusan udara dari ventilasi untuk mendapatkan suhu dingin. (lebih dingin dari suhu kabin). Tetapi jika AC memiliki masalah, bahkan jika selektor AC diatur ke suhu terdingin, hembusan udara dari ventilasi AC masih suhu, yang berarti tidak akan mendingin.

Gejala ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak berfungsi dalam sistem AC mobil Anda, bahwa kompresor dapat rusak, kopling magnet yang rusak, kipas pendingin dimatikan atau karena freon habis.

Jika freon habis, semuanya tampak berfungsi normal. Saat Anda menyalakan AC, ada bidikan yang menunjukkan bahwa kompresor AC sedang bekerja, bahkan kecepatan mesin pun meningkat dan kipas pendingin menyala. Namun hembusan angin tidak dingin, yang berarti mobil freon mobil habis.

2. Kompresor AC tidak berhenti bekerja saat listrik AC menyala

Ada juga masalah sistem CA di mana klaster magnetik terus terhubung ketika saklar AC diaktifkan. Biasanya, kopling magnet akan terhubung ketika saklar AC menyala. Tetapi kopling magnet akan bebas dalam interval waktu tertentu ketika tekanan freon maksimum.

Mungkin Anda sering mengalami kondisi di mana suara ketukan dari ruang mesin sering muncul ketika AC menyala.

Tetapi jika Anda menemukan kondisi di mana kopling magnetik dari awal AC ON terus dihubungkan, maka itu menjadi sinyal bahwa AC freon habis.

Ini karena ketika freon habis karena kebocoran, itu diisi dengan udara di dalam tabung pendingin udara. Sifat udara mudah terkompresi. Dibandingkan dengan Freon, udara lebih mudah dikompres sehingga ketika kompresor bekerja, hanya akan memompa udara biasa.

Karena udara lebih mudah dikompresi, tekanan udara pada selang tekanan tinggi tidak dapat mencapai maksimumnya. Sehingga saklar tekanan tidak mampu melepas kopling magnet karena tekanannya tidak mencapai maksimal. Tidak seperti freon padat, tekanan hanya sedikit meningkat.

3. Tidak ada freon di jendela bidik

Dua ciri di atas, bisa Anda dengar di kabin mobil saat AC menyala. Jika Anda menemukan kondisi di atas, segera turun dan buka kap untuk memeriksa sirkulasi AC.

Yang Anda kendalikan adalah teropong, kaca mata-mata adalah kaca bundar transparan, fungsi kaca ini adalah untuk melihat sirkulasi freon dalam sistem CA. Biasanya kaca mata-mata ada pada filter / filter freon.
Jika mesin masih berjalan dan daya AC menyala, coba perhatikan indikator ini. Jika freon masih ada akan mengalir cair. Tetapi jika freon habis, tidak ada yang mengalir di lubang intip.

Karena itu cair, bukankah itu gas freon?
Dalam bentuk normal, freon dalam bentuk gas. Tetapi jika diberi tekanan, freon akan berubah menjadi cair. Ini seperti pemantik gas, di mana bentuknya cair di dalam tangki tetapi jika dilepaskan itu akan menjadi gas.

4. Tidak ada embun pada selang AC bertekanan rendah

Maju, masih di ruang mesin. Kali ini Anda perhatikan tabung AC mobil Anda.

Ada dua tabung dari kompresor, yaitu

Tabung bertekanan tinggi dengan bentuk yang lebih kecil mengarah ke kompresor menuju kondensor.
Tabung bertekanan rendah dengan bentuk yang lebih besar mengarah dari evaporator (di dalam kabin) ke kompresor.
Ketika AC beroperasi secara normal, ia akan membentuk embun pada pipa tekanan rendah. Embun ini adalah hasil dari perbedaan suhu antara suhu dalam selang tekanan rendah dingin dan suhu panas motor.

Tetapi jika tidak ada embun, atau jika Anda merasa itu tidak terlihat dingin, itu berarti freon itu habis.

Sumber : https://www.hondamobillampung.co.id/

About the Author