Rumus Molekul Air Dan Glukosa

Penulisan simbol

unsur diperkenalkan pada Abad Pertengahan oleh John Dalton (1810) yang membuat simbol elemen yang masih sangat sederhana karena dasarnya adalah lingkaran. Seiring dengan perkembangan penemuan SD J.J Bezelius (1779-1848) membuat simbol unsur yang digunakan sebagai dasar untuk menulis simbol unsur sampai sekarang, memberikan simbol elemen konsisten surat, menulis harus dalam huruf kapital. Dua simbol unsur yang terdiri dari dua huruf, lalu tulis dengan huruf besar di huruf pertama dan huruf kecil untuk huruf kedua. Contoh simbol unsur: 1. Oksigen = Ossigenium = O 2, Carbon = karbonium = C 3 = Hidrogen Hidrogen = H 4 = Kalsium Kalsium Ca = 5, = Sodium Sodium Na = 6 = Magnesium Magnesium Mg = 7, Elio = Helium = He 8, Iodine = Iodine = I 9, Neon = Neon = Ne dan 10. Silver = Argentum = Ag

Rumus Molekul Air Dan Glukosa

Rumus kimia dari zat menunjukkan jenis dan jumlah relatif atom yang terkandung dalam substansi. Angka yang menunjukkan jumlah atom unsur dalam rumus kimia disebut nomor indeks. Rumus kimia suatu zat dapat berupa rumus molekul atau rumus empiris.
Rumus molekul adalah rumus yang menunjukkan jumlah atom dari unsur-unsur yang membentuk molekul senyawa. Oleh karena itu rumus molekul menunjukkan disposisi efektif dari molekul zat.

Contoh:

a. Rumus untuk molekul air adalah H2O yang berarti bahwa dalam molekul air ada dua atom hidrogen dan satu atom oksigen.

b. Rumus untuk molekul glukosa C6H12O6 yang berarti bahwa dalam sebuah molekul glukosa ada 6 atom karbon, 12 atom hidrogen dan 6 atom oksigen.

Lebih lengkap nya di Rumus.co.id

Rumus empiris adalah rumus yang menunjukkan rasio terkecil atom dari unsur-unsur yang membentuk senyawa. Formula kimia ionik adalah rumus empiris. Contoh: (a) Natrium klorida adalah senyawa ion yang tersusun atas ion Na + dan ion Cl dalam perbandingan 1: 1. Rumus kimia NaCl natrium klorida. (B) The kalsium klorida adalah senyawa ion yang terdiri dari Cl-in dengan perbandingan 2 Ca2 + ion dan ion: 1. Rumus kimia kalsium klorida CaCl2. Di bawah kondisi lingkungan, beberapa elemen membentuk molekul. Rumus kimia unsur-unsur ini tidak hanya diwakili oleh simbol unsur, tetapi oleh unsur-unsur dan jumlah atom yang menyusun molekul-molekul elemen. Sebagai contoh: (a) Rumus kimia gas oksigen, O2, menunjukkan rumus kimia dari gas oksigen yang terdiri dari molekul oksigen yang dibangun dari dua atom oksigen. (B) Rumus kimia fosfor, P4, itu berarti bahwa rumus kimia untuk unsur fosfor dibentuk oleh molekul fosfor, yang masing-masing dibentuk oleh empat atom fosfor. Semua senyawa memiliki rumus empiris. Senyawa molekuler memiliki formula molekuler yang berbeda dari formula empiris. Dalam banyak senyawa, rumus molekul sama dengan rumus empiris. Senyawa ion hanya memiliki satu rumus empiris. Dengan demikian, semua senyawa yang memiliki rumus molekul harus memiliki rumus empiris. Namun, senyawa yang memiliki rumus empiris tidak selalu memiliki rumus molekul.

Persamaan reaksi

didefinisikan sebagai persamaan yang menetapkan kesetaraan jumlah zat yang terlibat dalam reaksi kimia menggunakan rumus kimia. Dalam reaksi kimia ada zat dan zat reaksi yang bereaksi. Ketika menulis persamaan reaksi, rumus kimia dari reagen ditulis di sisi kiri dan rumus kimia dari hasil reaksi ditulis di sisi kanan. Antara dua segmen panah terhubung (→) yang menunjukkan arah reaksi kimia. Contoh: logam magnesium bereaksi dengan gas klorin untuk membentuk magnesium klorida. Tuliskan persamaan reaksi. Persamaan reaksi adalah Mg + Cl2 → MgCl2

Persamaan reaksi yang sama

Persamaan reaksi disebut benar jika memenuhi hukum kimia, yaitu zat yang terlibat dalam reaksi harus sama, baik jumlah zat maupun muatannya. Sebelum menulis persamaan reaksi yang benar, perhatikan persamaan kerangka terlebih dahulu.

Persamaan kerangka untuk reaksi ini adalah Na + Cl2 → NaCl

About the Author