Pengertian, Faktor Utama Hingga Fakta Kanker Paru-Paru Yang Perlu Diketahui

Pengertian, Faktor Utama Hingga Fakta Kanker Paru-Paru Yang Perlu Diketahui – Kanker paru-paru sangat berbahaya dan sanggup diderita sang siapa saja. Dilansir dari halaman Medicinenet, berikut kabar-kabar terkait menggunakan kanker paru-paru. Seperti semua kanker, kanker paru-paru merupakan hasil berdasarkan pertumbuhan abnormal sel-sel pada pada tubuh.

Biasanya tubuh akan menjalankan sistem checks and balances pada pertumbuhan sel. Sistem ini jika terganggu, maka akan menghasilkan pembagian dan proliferasi sel yang tidak terkontrol, akhirnya membentuk suatu massa yang dikenal sebagai tumor.

Kanker adalah tumor yg ganas, mereka tumbuh secara militan. Sel-sel tumor ini juga dapat masuk ke dalam genre darah atau sistem limfatik kemudian menyebar ke loka lain di dalam tubuh, hal ini disebut metastatis. Sementara kanker paru-paru bisa menyebar ke organ manapun pada tubuh, terutama kelenjar adrenal, hati, otak, dan tulang.

Paru-paru ini merupakan tempat yg sangat generik buat metastatis dari tumor ganas. Fungsi primer paru-paru merupakan loka pertukaran gas antara udara yang kita hirup. Paru kanan memiliki tiga lobus, sedangkan yg kiri terdapat dua lobus. Kanker paru-paru dapat muncul pada bagian mana pun.

90%-95% kanker paru-paru diperkirakan dari berdasarkan sel-sel epitel yg melapisi saluran udara. Kanker jua bisa tumbuh di pleura (lapisan tipis jaringan) atau di jaringan dalam paru-paru, misalnya pembuluh darah.

Siapa yang sanggup terkena?

Kanker paru-paru adalah penyebab kematian paling umum pada pria juga perempuan pada semua dunia. Sebagian besar diderita sang para orang tua yg berusia antara 45-70 tahun. Di banyak negara berkembang, perkara kanker paru-paru mulai menurun sesudah pengetahuan tentang bahaya merokok dan pengenalan program berhenti merokok. Di Amerika Serikat, kanker ini sudah melampaui bahaya dari kanker payudara sebagai penyebab paling generik kematian pada perempuan .

Fakta kanker paru-paru yang harus kamu ketahui

  • Kanker paru-paru merupakan penyebab kematian angka satu pada laki-laki & perempuan di Amerika Serikat, pun dunia.
  • Merokok adalah faktor risiko primer untuk pengembangan sel kanker.
  • Paparan pasif terhadap asap tembakau (perokok pasif) juga sanggup mengakibatkan kanker paru-paru.
  • Ada dua jenis kanker paru-paru yang tumbuh & menyebar secara berbeda. Kanker paru sel mini dan kanker paru sel non kecil.
  • Stadium kanker paru mengacu pada sejauh mana kanker itu sudah menyebar ke dalam tubuh.
  • Perawatan kanker paru dapat melibatkan kombinasi operasi, kemoterapi, imunoterapi, & terapi radiasi, dan metode eksperimental.
  • Prognosis generik kanker paru-paru jelek lantaran dokter cenderung nir menemukan penyakit hingga para stadium lanjut.
  • Kelangsungan hayati selama lima tahun mampu terjadi buat sekitar 54% stadium dini & 4% buat stadium lanjut.
  • Berhenti merokok merupakan hal terpenting buat mencegah perkembangan kanker paru-paru. Baca: https://tinyurl.com/ybkj8q52

About the Author